Sarana Umum

Sarana Umum

Beberapa sarana dan fasilitas umum yang diperlukan dan tersedia di kampus UM antara lain asrama mahasiswa, rusunawa, kolam renang, BNI Kantor Layanan UM, BRI Kantor Kas UM, anjungan ATM BNI dan BRI, gedung pertemuan (Sasana Krida, Sasana Budaya, Graha Cakrawala), pujasera dan kantin, Kantor Pos, Kegiatan Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma, Kegiatan Warga (Katholik dan Protestan), Pengembangan Kehidupan Agama, Masjid Al-Hikmah, Poliklinik, sarana kesenian, sarana olahraga, sarana transportasi, tempat parkir dan lalu-lintas kampus, koperasi mahasiswa, toko dan koperasi, hotspot, dan wisma tamu (Guest House).

Bank BNI

BNI Kantor Layanan UM, yang dirintis sejak tahun 1986, merupakan hasil kerjasa­ma antara UM dengan BNI Kantor Cabang Utama Malang. Pada awal berdirinya, bank ini masih berstatus Kantor Kas IKIP MALANG dan lebih dikenal oleh mahasiswa sebagai bank untuk membayar SPP. Selanjutnya pada tanggal 10 Agustus 1994 diresmikan sebagai Kantor Ca­bang Pembantu UM. Namun sejak tahun 2011 dirubah menjadi BNI Kantor Layanan (KLN) UM yang dapat melayani pembayaran SPP bagi mahasiswa UM dan Layanan Perbankan lainnya. Menjelang tahun ajaran baru BNI Kantor Layanan UM, juga melayani pembayaran Formulir SPMB dan sudah berlangsung sejak tahun 1988. BNI menempati areal dalam kompleks Kampus UM yang beralamat di Jl. Surabaya No. 4 Malang. Tempat ini cu­kup strategis karena berdekatan dengan kantor-kantor Instansi Pemerintah dan Swasta, sehing­ga akses oleh pihak di luar UM sangat dimungkinkan. BNI Kantor Layanan UM terus mengembangkan layanan operasionalnya. beberapa produk yang dapat diperoleh di bank ini antara lain: (1) Produk Simpanan: Giro, Deposito, Taplus, Taplus Bisnis, Tabungan Pendidikan (Tapenas), BNI Haji, BNI Dollar, Taplus Pegawai (TAPPA), Taplus Muda, Tabungan Taplus Anak, Taplus Mahasiswa/KTM, Deposit on Call (DOC), DPLK dan Derivatif lainnya. (2) Produk Investasi: BNI Life Multi Pro, BNI Life Cash Pro, Reksadana, ORI, SUKUK dll. (3) Jasa-jasa Perbankan: Kiriman uang Dalam Negeri, Inkaso, SKB, Cek Multi Guna, Pembayaran Pajak, Fidusia, Pembayaran Listrik, Pembayaran Telepon, Pemba­yaran SPP, dan biaya masuk perguruan tinggi seluruh Indonesia melalui sarana H2H. (4) Transaksi Luar Negeri: Incoming Transfer, Outgoing Transfer, Travellers Check, Foreign Exchange, Ekspor-Impor dll. (5) La­ya­nan Electronic Chanel: SMS Banking, Internet Banking, Phone Banking, Mobile Banking, dll.

Sejak tahun 1990, sesuai dengan kebijakan pemerintah, BNI Kantor Layanan UM juga melayani payroll rekening gaji di lingkungan UM dan instansi-instansi lain baik sekitar kampus maupun diluar kampus, serta penyaluran kredit pada umumnya.

BNI Kantor Layanan UM memberikan layanan kepada masyakat kam­pus dan masyarakat umum dimulai jam 08.00-16.00 setiap hari dari hari Senin s.d Ju’mat.

Bank BRI

BRI Kantor Kas UM, berdiri bulan Oktober tahun 2007, dan merupakan kerjasama antara Universitas Negeri Malang (UM) dengan BRI Kanca Malang Martadinata. BRI Kantor Kas UM terletak di Jl. Surabaya No 4 Malang dan masuk dalam komplek kampus UM, tempat ini cukup strategis untuk akses diluar lingkungan UM karena banyak kantor instansi pemerintah, dan sekolah-sekolah. BRI merupakan bank yang memiliki jaringan online di 6.000 unit kerja yang tersebar di seluruh Indonesia (Kantor Cabng, KCP, KK, dan Teras).

Produk yang ditawarkan meliputi: (1) Britama Rp/Dolar, Britama Rencana, Britama Bisnis, dan Junio, Giro, Deposito, Tabungan Haji, Simpedes, Kartu Kredit BRI, DPLK BRI; (2) Jasa-jasa perbankan meliputi: Pengiriman uang dalam dan luar negeri, Inkaso Travellers Check; (3) Layanan lain meliputi: Pembayaran telepon, listrik, dan air, pembayaran kartu kredit baik BRI, Standart Chartered Bank, Citibank, ANZ, HSBC, Pembayaran angsuran motor: FIF, BAF dan SOF, Pembayaran gaji untuk instansi dan perusahan melalui payroll gaji. Pembayaran SPP, SPSA, SPMB , mulai dari PAUD sampai dengan Universitas. Dan fasilitas lainya seperti: internet banking BRI, Mobile Banking BRI, Phone Banking BRI.

Dari tabungan baik itu Britama dan Simpedes setiap 6 bulan sekali dilakukan Undian dengan hadiah rumah, mobil dll. BRI Kantor Kas UM memberikan pelayanan kepada masyarakat kampus dan masyarakat umum setiap hari kerja mulai pukul 08.00-15.00 hari Senin s.d. Jum’at.

Kantor Pos

Keberadaan Kantor Pos Cabang Universitas Negeri Malang merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan kepada Civitas Akademika Universitas Negeri Malang akan kebutuhan layanan komunikasi tertulis, kiriman uang dan barang.

Pada Januari 1980 berdasarkan kesepakatan kerjasama antara Kantor Pos Besar Malang yang berkedudukan di Jl. Merdeka Selatan No. 5 Malang 65119 dengan IKIP Malang yang berkedudukan di Jl. Surabaya No. 6 Malang 65145, waktu itu dibuka layanan jasa pos dengan nama Kantor Pos Tambahan Malang IKIP dan berada di lingkungan IKIP Malang, dengan menempati ruangan ukuran 3×3 meter yang terletak di antara gedung kegiatan mahasiswa dan kantin. Dalam perkembangan selanjutnya agar dapat memberikan pelayanan jasa pos yang lebih baik lagi, tidak terbatas kepada warga kampus, namun warga sekitar kampus, instansi pemerintah dan swasta disekitar kampus, maka pada tahun 1991 dibangun sebuah gedung di atas lahan milik IKIP Malang seluas ± 200 m² terletak di Jl. Gombong no. 306 Malang 65145, dan sekarang diberi nama Kantor Pos Cabang Universitas Negeri Malang 65114A, dan sejak tanggal 4 April 2012 pindah di Jalan Semarang sebelah timur kantin Universitas Negeri Malang.

Beberapa bentuk layanan jasa yang dapat dilayani di Kantor Cabang Universitas Negeri Malang antara lain: Penjualan Benda Pos dan Meterai, Pengiriman surat,  pengiriman barang (Paket Pos), Pengiriman dan pembayaran uang (Weselpos), Tabungan e Batara Pos dan Shar-e, pembayaran: PDAM, Telkomsel, FIF, ADIRA, OTO, Wom, BAF, Kartu Kredit, Pajak, Rekening Telpon dll.

Pelayanan diberikan selama 6 (enam) hari kerja dengan jam buka loket:

  • Senin-Jum’at             : jam 07.30 s.d. 17.00 WIB
  • Sabtu                        : jam 07.30 s.d. 17.00 WIB
  • Minggu/Hari Besar   : tutup.

Sarana Transportasi

Untuk menunjang kelancaran kegiatan kedinasan maupun kegiatan sosial warganya, UM menyediakan sejumlah kendaraan dalam berbagai jenis.

Kendaraan ini terdiri dari: 1 unit bus Hino berkapasitas 55 orang, 1 unit minibus kapasitas 30 orang (minibus 135 psAC), 1 unit minibus (colt diesel) kapasitas 23 orang, 1 unit colt L-300, 2 unit Kijang Inova, 1 unit Kijang LGX, 2 unit Toyota Kijang Super, 1 unit Bimantara Arya, 2 unit mobil ambulan, 1 unit Pic Up Suzuki Carry, dan 1 unit truk pengangkut sampah (Dyna).

Selama ini kendaraan tersebut telah banyak digunakan untuk pelayanan kegiatan operasional Lembaga, kegitan seminar, lokakarya, KKN, study tour, kegiatan olahraga dan kunjungan kekampus lain, kegiatan sosial, keagamaan dan rekreasi. Bagi warga UM atau orang luar yang ingin menggunakan kendaraan tersebut, bisa menghubungi Sub Bagian Rumah Tangga Biro Umum dan Keuangan (BUK) UM telp (0341) 551-312 psw 113 dan 442 dengan mengisi formulir yang disediakan dan mengikuti prosedur serta memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Tempat Parkir

Bagi dosen, pelaksana administrasi, mahasiswa dan tamu yang membawa kendaraan kekampus disediakan tempat parkir di beberapa tempat. Tempat parkir utama dengan kapasitas terbesar berlokasi di sebelah selatan gedung Graha Cakrawala, bassemen Graha Cakrawala, belakang kantor pusat gedung A 2. Adapaun tempat parkir lainnya dengan kapasitas yang lebih kecil tersebar disetiap fakultas, unit, dan lembaga.

Demi keamanan dan ketertiban, disarankan agar pemakai kendaraan tidak memarkir kendaraan mobil, motor, sepeda angin, bus dan kendaraan sejenisnya selain pada tempat yang telah disediakan. Khusus untuk kendaraan bus hanya diperbolehkan parkir di sebelah selatan gedung Graha Cakrawala. Tempat parkir ini dijaga petugas keamanan (Satpam). Sedangka bagi mereka yang membawa mobil dan motor tidak diperkanankan memarkir kendaraannya di jalan–jalan area kampus yang dapat berakibat timbulnya kemacetan lalulintas.

Begitu juga untuk menjaga keamanan, dan ketertiban kampus, jalan masuk kekampus pengendara kendaraan bisa melalui 4 pintu masuk/gate, yaitu lewat pintu gate Jl. Semarang, Jl. Surabaya, Jl. Cakrawala, dan Jl. Ambarawa, khusus untuk pintu masuk gate Jl. Ambarawa hanya diperbolehkan kendaraan roda dua dan sejenisnya. Sedangkan pintu keluar kampus hanya bisa melalui 3 pintu yaitu Jl. Semarang, Jl. Cakrawala dan Jl. Ambarawa.

Toko dan Koperasi

Di UM terdapat dua koperasi utama yaitu Koperasi Mahasiswa (KOPMA) UM dan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) UM. Pelayanan yang diberikan oleh kedua koperasi tersebut tidak terbatas kepada anggotanya saja, tetapi terbuka juga untuk umum.

KOPMA UM

KOPMA UM mengembangkan bidang usaha yang meliputi unit pertokoan, jasa dan produksi, simpan pinjam, dan peningkatan pendidikan

Unit pertokoan menyediakan buku, sandang, dan alat tulis kantor, sedangkan unit jasa dan produksi memberikan jasa layanan sablon, kafetaria, unit jasa melayani fotokopi.

Unit Simpan Pinjam diprogramkan untuk membantu mahasiswa (anggota) yang membu­tuhkan bantuan dalam membayar SPP dan biaya hidup (wesel terlambat). Unit peningkatan pendidikan menyelenggarakan diklat perkoperasian bagi anggota dan juga mendukung kelompok/ organisasi koperasi sekolah, PTN maupun Swasta di dalam maupun di luar kota Malang. Selain itu mengirimkan anggota untuk mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi perkoperasian di luar kampus.

KPRI UM

Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) UM mengembangkan unit usaha, yang meliputi unit usaha simpan pinjam, unit usaha pertokoan/swalayan, unit usaha tanah dan perumahan, unit usaha jasa sewa kendaraan, pemba­yaran rekening listrik, telepon, dan air secara kolektif, serta pujasera).

Unit usaha simpan pinjam, fasilitas yang diberikan kepada anggota adalah (1) pinjaman s.d Rp 75.000.000,00 dengan suku bunga 1,4% menurun dengan masa angsuran maksimal 60 bulan; (2) pinjaman sosial tanpa bunga maksimal Rp 1.000.000,00 dengan angsuran maksimal 20 bulan. Bagi anggota yang menabung di KPRI UM diberikan jasa bunga per bulan 0,5%, tanpa potongan apapun (reguler) dan untuk Tabungan Masa Depan (TMD) diberikan suku bunga 0,6% flat dengan jangka waktu minimal 1 tahun (12 bulan) dan dapat diperpanjang.

Unit pertokoan/swalayan, menyediakan bahan pokok kebutuhan anggota, kebutuhan sekolah, kebutuhan rumah tangga lainya baik primer maupun sekunder. Untuk memperluas jangkauan layanan dan dalam rangka memberikan kemudahan akan layanan toko di KPRI UM maka para anggota dipersilahkan untuk berbelanja segala kebutuhan anggota di seluruh toko di Malang dan di luar Malang secara tunai kemudian kwitansi pembelian dapat langsung ditukar dengan uang tunai di kasir KPRI UM selanjutnya barang tersebut dapat diangsur selama maksimal 60 bulan dengan maksimal kredit Rp 75.000.000,00 dengan bunga 1,4% menurun. Untuk pembelian/belanja tunai Rp 200.000,00 keatas akan diberikan diskon 2%, dan dapat diantar ke rumah selama di wilayah kota Malang.

Unit Tanah dan Perumahan, melalui kerjasama dengan beberapa pengembang/developer diharapkan dapat menyediakan lahan tanah dan/atau perumahan siap huni bagi anggota yang sangat membutuhkannya dengan harga terjangkau. KPRI UM juga mengusahakan tanah kavling siap bangun dengan lokasi strategis dan harga terjangkau.

Unit kendaraan, saat ini KPRI UM memiliki 2 armada yang terdiri dari 1 unit mobil Innova dan 1 unit mobil avanza; dan 1armada pick-up untuk disewakan kepada anggota dan umum dengan tarif  bersaing. Khusus bagi anggota KPRI UM yang menyewa kendaraan untuk keperluan musibah (meninggal dunia/melayat) dikenakan tarif khusus berupa potongan sebesar 50% dari tarif biasa.

Upaya untuk meningkatkan layanan kepada anggota terus dilakukan, salah satunya adalah melalui pembayaran rekening listrik, air, dan telepon anggota secara kolektif melalui KPRI UM. Layanan kemudahan pembayaran ini dilakukan agar para anggota tidak lagi antri dalam membayar, lebih hemat, dan dijamin tidak terjadi kelupaan dalam membayar. Hanya dengan tambahan biaya Rp 1.000,00 (seribu rupiah) per rekening dan pembayaran melalui potong gaji.

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi KPRI UM (0341) 551312 pesawat 444 dan 446 (khusus untuk pengurus) dan sambungan langsung (0341) 553921. Untuk pertokoan atau swalayan melalui nomor telepon langsung (0341) 588255.

Sarana Olahraga

Untuk menunjang pelaksanaan kegiatan akademik Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) maupun kegiatan olahraga dosen, pegawai, dan mahasiswa pada umumnya, UM menyediakan sejumlah sarana olahraga yaitu lapangan sepak bola (Stadion Cakrawala), lapangan tennis Cakrawala, lapangan bola basket, tennis meja, lapangan bola volley, lapangan bulutangkis, kolam renang, fitness center dan gedung serbaguna.

Lapangan sepak bola sebanyak 2 buah di Kampus I dan Kampus II. Lapangan tennis sebanyak 3 buah berlokasi di Kampus I. Lapangan bola basket sebanyak 3 buah terletak di kampus I, II, dan III. Lapangan bola volley sebanyak 5 buah, berlokasi di Kampus I sebanyak 2 buah, di Kampus II sebanyak 2 buah dan di Kampus III sebanyak 1 buah. Lapangan bulutangkis sebanyak 4 buah, yang berlokasi di Kampus I sebanyak 1 buah terletak di Gedung Soka dan 3 buah terletak di Gedung Kuliah Bersama FIP.

Prosedur perijinan penggunaan sarana olahraga tidak berbeda dengan penggunaan sarana umum lainnya yakni dengan mengajukan permohonan kepada Rektor c.q. Wakil Rektor II yang selanjutnya diatur dan disesuaikan dengan jadwal penggunaan sarana olahraga yang telah ada.

Pembinaan terhadap mahasiswa yang berbakat dalam berbagai bidang olahraga, dilakukan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dikoordinir oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). UKM bidang olahraga meliputi Lembaga Perwakilan Bela Diri, sepak bola, bola basket, bola volley, bridge, tennis lapangan, tennis meja, bulutangkis, softball, sepak takraw, catur dan renang. Jadwal latihannya diatur dan disesuaikan dengan pembina teknis masing-masing.

Tidak ada perkumpulan olahraga yang khusus diikuti oleh dosen maupun pegawai administrasi. Namun demikian, untuk menjaga kebugaran tubuhnya, tersedia Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), Fitness Center, bulutangkis dan tennis lapangan keempat jenis olahraga ini intensif dilakukan dan dijadwal secara teratur dan dapat diikuti oleh mahasiswa dan umum.

Bagi warga UM yang berminat mengikuti olahraga Tennis Lapangan yang berlokasi di Kampus I, dapat menghubungi Subag Rumah Tangga Biro Umum dan Keuangan (BUK), sedangkan peminat di luar warga UM dapat mengajukan permohonan kepada Wakil Rektor II.

Fitness Center bertempat di Kampus I Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan anggota dan konsultasi dokter. Fitness Center ini mampu menampung sekitar 40 orang. Untuk keperluan latihan dipandu oleh 5 orang instruktur senam aerobic dan 5 orang instruktur serta alat yang professional. Waktu latihan diselenggarakan seminggu 3 kali. Jadwal latihannya ditentukan pada setiap hari senin, rabu dan jum’at pukul 07.00 – 07.30.

Sarana Kesenian

Pembinaan dan pengembangan minat dan bakat mahasiswa di bidang seni dilakukan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa, yang meliputi paduan suara, karawitan, tari, musik, seni rupa dan kerajinan/ keterampilan, dan drama/teater. Program kegiatannya meliputi pendi­dikan dan pelatihan bagi anggota baru, pelatihan rutin, latihan insidental, dan pentas bersama. Teknis pembinaannya dila­kukan masing-masing bidang oleh seorang Pembina Teknis.

Mahasiswa yang ingin bergabung menjadi anggota Unit Kegiatan Mahasiswa bi­dang seni dapat mendaftarkan diri di Sekretariat (Paduan Suara, Karawitan, Tari, Musik, Seni Rupa, dan Drama di Unit Kegiatan Mahasiswa masing-masing). Jadwal lati­han dan ke­giatan masing-masing bidang seni tersebut diatur oleh UKM masing-masing.

Pada bagian lain, terdapat kelompok seni yang anggotanya terdiri dari dosen dan pe­laksana administrasi, yang meliputi musik dan menyanyi.

Gedung Pertemuan

Warga UM dan masyarakat umum yang memerlukan fasilitas untuk pertemuan, seminar, workshop, wisuda, acara pernikahan dll. Tersedia fasilitas utama untuk hal tersebut, yaitu gedung Graha Cakrawala, gedung Sasana Krida,dan gedung Sasana Budaya.

Selain untuk kepentingan UM sendiri, tempat pertemuan tersebut bisa juga dipakai dan digunakan untuk kepentingan keluarga, sosial, ataupun umum. Bagi warga atau masyarakat yang mempergunakan gedung dan atau fasilitas tersebut dapat menghubungi Pengelola Aset UM telp.(0341) 551312 psw 420, 421, 459 atau (0341) 572112, 518-522, 581-302.

Sasana Krida terletak di Jl. Veteran di dalam kompleks kampus I UM. Gedung ini dibangun di atas tanah seluas sekitar 3.500 m2. Dirancang untuk berbagai acara pertemuan: perkawinan, pameran, pagelaran, dan lain-lain ; mampu menampung jumlah undangan sekitar 1.000 orang. Bangunan tempat pertemuan ini dilengkapi dengan beberapa ruangan sebagai kelengkapannya. Beberapa ruang tersebut antara lain, ruang jamuan utama, jamuan samping, penerima tamu, persiapan jamuan, cinderamata, panggung, dekor,dan tempat parkir yang luas.

Sasana Budaya terletak di Jl. Semarang di dalam kompleks kampus I UM. Gedung dengan luas bangunan sekitar 1.800 m2 ini mampu menampung undangan sekitar 900 orang. Gedung ini dilengkapi dengan panggung sehingga dapat berfungsi sebagai tempat untuk pagelaran seni yang melibatkan tidak terlalu banyak undangan. Biasanya gedung ini lebih sering dipakai untuk pertemuan yang bersifat akademis atau kedinasan seperti seminar, lokakarya, ceramah, atau pertemuan yang bersifat intern dan umum.

Graha Cakrawala terletak di Jl. Cakrawala kompleks Kampus I UM. Gedung dengan luas bangunan sekitar 3.800 m2 mampu menampung undangan sekitar 5.500 orang (kapsitas hall: 2.000 s/d 2.500 orang dan tribun dan balkon 3.000 orang). Gedung ini di fungsikan antara lain: kegiatan rutin wisuda UM 2 kali dalam 1 tahun, perkawinan pertemuan, seminar, dan lokakarya dalam skala besar, pameran indoor sport, pertunjukan senibudaya.

Selain fasilitas utama untuk pertemuan yang bersifat massal tersebut, terdapat gedung pertemuan lain dengan kapasitas yang lebih kecil pada masing-masing fakultas, pascasarjana, aula utama (gedung A3, Lantai II), Untuk menggunakan gedung pertemuan tersebut, dapat menghubungi pengelola gedung pertemuan pada masing-masing unit kerja yang terkait.