image_pdf

Malang. Sebanyak 1.188 mahasiswa baru Universitas Negeri Malang (UM) jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 melaksanakan registrasi administrasi pada Rabu, (15/5) di Graha Cakrawala UM. Proses registrasi yang dimulai pukul 07.00 WIB tersebut memiliki beberapa tahapan yang harus dilalui mahasiswa baru UM. Khusus mahasiswa yang memperoleh bidikmisi, maka harus mengikuti wawancara dahulu di gedung O6 Fakultas Matematika dan Ilmu Alam (FMIPA).

Semua peserta registrasi SNMPTN membawa dokumen diantaranya surat keterangan penghasilan orang tua/daftar gaji, kartu keluarga, akta kelahiran/akta kenal lahir, bukti pembayaran PBB, foto rumah tampak depan, ruang tamu serta dapur, kartu tanda peserta SNMPTN 2019, raport semester 1 – 5.

Beberapa tahapan yang harus diikuti mahasiswa baru jalur SNMPTN saat registrasi yaitu ada delapan tahap diantaranya tahap pertama yaitu pengambilan nomor antrian. Tahap kedua yakni pemberian berkas kepada maba berdasarkan fakultas masing-masing. Tahap ketiga yakni validasi keuangan, maba menunjukkan bukti pembayaran UKT dari bank. Tahap keempat yakni pengambilan almamater yang digunakan untuk foto Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Almamater mahasiswa baru jalur SNMPTN 2019 dapat diambil tanggal 5-9 Agustus 2019. Tahap kelima yaitu pengambilan foto KTM. Tahap keenam yaitu maba melengkapi isian berkas yang kurang. Tahap ketujuh yakni mahasiswa menyerahkan berkas yang sudah lengkap diisi. Tahap kedelapan yaitu maba mengambil KTM yang sudah dicetak oleh petugas. Dari delapan tahapan tersebut dicatat dalam bukti kegiatan registrasi administrasi atau lembar validasi yang akan digunakan untuk penjajakan kelulusan.

Salah satu peserta registrasi akademik SNMPTN dari Batam mengaku  baru pertama kali datang ke malang dan mengantri  pukul 05.00 WIB “Saya datang ke Gracak UM pukul 5 pagi dan mendapat nomor antrian 30. Tujuan utama saya memilih kota malang karena saya mempunyai saudara disini kalau memilih UM karena Universitas yang bagus di Malang.” Dhani maba prodi S1 Pendidikan Geografi.

Sementara mahasiswa dari Bali, Afifah merasa senang bisa diterima di UM “Saya diterima di UM sesuai dengan keinginan yaitu di jurusan S1 Akuntansi. Saya tidak menyangka bisa lolos karena banyak yang minat di Akuntansi. Memilih UM karena saya memperoleh banyak rekomendasi dari kakak tingkat.” Jelasnya.

Pewarta           : Riska Febrianti – internship Humas UM

Pewarta Foto   : Andita Eka – internship Humas UM