image_pdf
Rektor UM bersama wisudawan yang telah dikukuhkan

Malang. Wisuda ke-99 Universitas Negeri Malang (UM) berlangsung di Graha Cakrawala pada sabtu (5/10). Wisuda yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut dihadiri oleh Rektor UM, Ketua Senat, segenap anggota senat, ketua ikatan alumni, pejabat struktural, dosen dan tenaga kependidikan, segenap fungsionaris mahasiswa, serta segenap undangan, dan para wisudawan beserta keluarga. Acara dibuka oleh Ketua Senat UM Prof. Dr. H. Suko Wiyono, S. H., M. Hum. dan dilanjutkan dengan laporan kelulusan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed, M.Si. selaku Wakil Rektor I UM.

Pada Wisuda ke-99 UM Tahun 2019 ini diikuti oleh 1.402 wisudawan yang terdiri atas 18 mahasiswa program Doktor Kependidikan; 126 mahasiswa program Magister Kependidikan; 16 mahasiswa program Magister Non Kependidikan; 850 mahasiswa program Sarjana Kependidikan; 358 mahasiswa program Sarjana Non Kependidikan; 33 mahasiswa program Diploma III Non Kependidikan; dan 1 mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Dengan bertambahnya lulusan pada Wisuda ke-99 ini, maka UM telah berhasil meluluskan sebanyak 130.723 mahasiswa, terdiri atas 1.736 mahasiswa program Doktor; 9.610 mahasiswa program Magister; 81.987 mahasiswa program Sarjana; 1.628 mahasiswa program PPG; 16.947 mahasiswa program Diploma III; dan 18.815 mahasiswa program Non Gelar.

Rektor UM bersama orang tua wali wisudawan berprestasi Akademik dan Non Akademik

Dari jumlah lulusan tersebut, 4 mahasiswa berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan. Keempat lulusan terbaik tersebut adalah Bhima Satria Rizki Sugiono, A.Md. dengan IPK 3.81 lama studi 6 semester Program Studi Diploma III Teknik Elektronika, Fakultas Teknik (FT), yudisium Dengan Pujian; Farkhanah Salsabila, S.Pd. dengan IPK 3.93 lama studi 8 semester Program Studi Sarjana Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi (FE), yudisium Dengan Pujian; Dwi Sandra Fera Yulia, M.Pd. dengan IPK 3.95 lama studi 4 semester Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Pascasarjana yudisium Dengan Pujian; Dr. Yulia Maftuhah Hidayati dengan IPK 3.65 lama studi 6 semester Program Studi Doktor Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), yudisium Sangat Memuaskan. Sedangkan untuk lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas diraih oleh Indra Febrianto, S.Pd. Program Studi Sarjana Pendidikan Ekonomi FE.

Dalam pidato Rektor, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. memberikan pesan untuk segera bersiap menapaki kemandirian dan menjejaki kehidupan baru di luar kampus, baik pada ranah keluarga, profesi, masyarakat, maupun negara dan bangsa. Rektor juga menuturkan bahwa dalam menapaki kehidupan baru, wisudawan akan menghadapi berbagai tantangan yang tidak ringan, akan tetapi harus tetap yakin bahwa seiring dengan besarnya tantangan juga akan hadir peluang yang dapat dimanfaatkan.

Pewarta : Diana Rahmawati S. – Internship Humas UM

Pewarta foto : Tim Dokumentasi – Internship Humas UM