image_pdf


Malang Universitas Negeri Malang (UM) sebagai Lembaga yang di pecaya oleh pemerintah untuk menangani Program Palatihan Guru (PPG) pada hari Selasa 10 September 2019 telah melakukan yudisium sekitar 360 peserta guru.

Yudisium kelulusan dan penyerahan sertifikat pendidik bagi mahasiswa PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan lulusan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru (UKMPPG) Periode 1 tahun 2019 akan diadakan di Aula Gedung PPG Pascasarjana UM (lantai 9).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor I UM Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si, Direktur pascasarjana Prof. Dr. Ery Tri Djatmika Rudijanto W.W., M.A., M.Si, wakil direktur pascasarjana Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd, Ketua Prodi, dan Para dosen.

Salah satu peserta PPG Ridhoaji Sampurno, SP.d., Gr menyampaikan terima kasih kepada para pembimbing yang ada di UM  yang telah memberikan ilmu kepada para peserta PPG

“Dalam mengahadapi era 4.0 tugas bukan hanya saat ini saja, bayak tugas setelah yudisium ini, pendidikan di indosenia masih kurang dibandingkan di negara lain berdasarka survey index pendidikan unesco masih di peringkat kelima di asean dan peringkat 108 dari negara di dunia, oleh sebab itu tugas para lulusan PPG UM yang mendapat predikat guru profesional hendaknya memiliki motivasi, penerapan kegiatan pembelajaran untuk peserta didik supaya kedepanya nanti menjadi guru yang percontohan bagi anak didiknya,”ungkapnya.

Wakil Rektor I UM dalam sambutanya mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah mengikuti berbagai rangkaian  rekuitmen, seleksi pendidikan PPG, dan juga ujian PPG, para peserta sudah mengalami suka dan duka meninggalkan rumah, meninggalkan keluarga tibalah yudisium hari ini yang sagat mengembirakan.

“Setelah kembali ke kota masing masing para peserta akan menjadi guru profesional dapat mempertahankan semngat dan sepirit kepada peserta didiknya, untuk memperlihatkan setelah mendapatka PPG di UM, untuk itu jiwa profesionalisme harus tetap di jaga. Jangan sampai lulusan PPG UM masuk medsos, koran, atau media yang lain. melakukan tindakan kekerasan fisik kepada anak didiknya, atau pada wali murid, ini untuk menjaga martabat sebagai guru yang profesional jangan sampai tenodai,”pesannya.

Total seluruh PPG UM sekitar 740 peserta yang lulus hari ini 360 presentasenya 49 persen semoga yang 51 persen segera menyusul.

Sebelum memimpin pembacaan doa wakil direktur pascasarjana UM Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd menuturkan doa semua orang ingin bahagia, ingin sukses, selamat. Ada yang sukses tapi gak selamat, ada yang sukses tapi tidak bahagia, maka semoga kita tergolong orang yang dikasih apapun akan bahagia dan selamat.

Pewarta: Joko Wibowo – Humas UM

Pewarta Foto : Muhammad Ian Fajrin – Humas UM