image_pdf

Menandai perjuangan dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVll, 37 mahasiswa yang menjadi perwakilan (kafilah) Universitas Negeri Malang (UM) resmi dilepas pada Rabu (1/11/2023) di Aula Graha Rektorat lantai 9 UM. Pelepasan ini dihadiri langsung oleh para Wakil Rektor, Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Direktur Data dan Informasi, Pemeringkatan, Hubungan Masyarakat dan Kerjasama (DIPHK), para Dekan Fakultas dan Wakil Dekan, pembimbing, dan 37 mahasiswa kafilah UM yang akan bertanding. Pelepasan ini dimaksudkan sebagai penguat dan penyemangat bagi kafilah UM yang akan berjuang dalam 12 cabang musabaqah pada ajang MTQMN XVll 2023, yang akan digelar di Universitas Brawijaya (UB) pada 05-08 November 2023 mendatang. 

Dalam penyampaian laporan persiapan oleh Ketua MTQMN UM, Muhammad Feri Fauzi, S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa UM mengirim 37 mahasiswa sebagai kafilah UM. “37 mahasiswa yang akan berjuang demi mengharumkan nama baik almamater tersebut dengan rincian 21 kafilah putra dan 16 kafilah putri. 37 kafilah berasal dari 5 Fakultas yang ada di UM, yakni: 24 dari Fakultas Sastra (FS), 3 dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), 3 dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), 3 dari Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), dan 3 dari Fakultas Teknik (FT). 

“Kami telah melakukan proses pembinaan sekaligus menyeleksi kafilah terbaik UM. Pembinaan ini kami lakukan sebanyak 7 kali pertemuan, mulai dari tanggal 20 Mei 2023. Dimana pada mulanya kami melibatkan 49 pembina, dan hingga hari ini mengerucut menjadi 34 pembina dan 37 mahasiswa yang menjadi kafilah UM yang siap berlaga di MTQMN XVII,” imbuh dosen dari departemen sastra Arab tersebut. 

Banyak doa dan semangat yang diberikan oleh pimpinan UM, termasuk yang disampaikan oleh Wakil Rektor I untuk 37 kafilah UM. “Ada 4 poin utama yang harus kalian optimalkan dalam melaksanakan kompetisi kali ini, yang pertama adalah meningkatkan kompetensi sesuai cabang yg diperlombakan. Kedua meningkatkan kesehatan, yang ketiga penyusunan strategi tertentu untuk memenangkan perlombaan, dan yang terakhir adalah melangitkan doa dengan harapan diberi kelancaran dan kita mampu membawa piala juara umum yang ke-5 kalinya,” tutur Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd. 

Sebelum mengakhiri pemberian bekal kepada kafilah UM, juga diucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan. 

“Terima kasih saya sampaikan kepada seluruh Ustadz Ustadzah dan seluruh pihak yang telah membantu pembinaan MTQMN sampai hari ini. Terima kasih telah mengawal dan memberikan ilmu dan pengalamannya secara maksimal kepada seluruh kafilah UM, sehingga mereka siap berlaga pada hari Minggu mendatang di UB,” imbuh Prof. Dr. H. Ibrahim.

Pelepasan dan pembekalan kafilah UM untuk MTQMN ini ditutup dengan penyematan syal kepada perwakilan kafilah, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa dan maulid nabi serta sesi foto bersama. 

Pewarta: Zanadia Manik Fatimah – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah