image_pdf

Antalya. Sebanyak 5 Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) berhasil mendapatkan beasiswa untuk belajar selama 1 semester di Turki. Beasiswa ini bernama Mevlana Exchange Program yang didanai olehDewan Pendidikan Tinggi Turki (YOK) untuk siswa dan staf akademik atau Lembaga Pendidikan Tinggi (HEI) yang telah menandatangani Protokol Mevlana.

UM sudah bekerjasama dengan Mevlana sejak 2015 tahun dan ini sudah masuk tahun ke 3. Pada 2015 UM menandatangani Protokol Mevlana dengan Universitas Akdeniz, Turki. Kemudian pada tahun 2017 UM menerima undangan untuk berkolaborasi dalam program yang sama oleh Turki, Universitas Cankiri Karatekin.

Kegiatan Mevlana Exchange Program bertujuan bertukar mahasiswa untuk transfer kredit dan juga belajar tentang budaya yang ada disana. Mahasiswa UM yang berasal dari Jurusan Teknik Elektro ini terdiri atas Grace Angeline, Misbahul Munir, Regina Aldama Aurelia, Rifqi Fadillah, dan Slametian Dewa Tegar Perkasa. Mereka belajar di Turki selama satu semester penuh yaitu Fall semester (25 September – 20 Februari).

Misbahul Munir mahasiswa Teknik Elektro Angkatan 2017 menceritakan kesan dan pesannya selama mengikuti program ini.

“Sangat luar biasa ketika pertama kali dinyatakan lulus beasiswa ini. Kami dapat merasakan budaya dan sistem pendidikan yang berbeda. Selama melaksanakan kegiatan ini kami mencoba membuka pola fikir untuk terbuka. Peralatan disana juga sangat menunjang praktikum kami sampai saya sempat ingin bertahan karena kepincut dengan fasilitas yang ada,” ujarnya.

“Kami belajar di Turki selama 1 semester penuh atau tepatnya Fall Semester. Sama seperti kuliah pada umumnya namun dengan orang orang yang berbeda dan tuntutan yang berbeda pula. Tentu kita dapat pengalaman yang tak ternilai harganya. Sharing ilmu dan sistem pendidikan antara Indonsia dengan Turki kami lakukan disana. Sampai-sampai kami sudah tidak sabar untuk membagi ilmu yang kami peroleh dengan teman-teman disini yang belum berkesempatan kesana,” ujarnya.

Selain belajar tentang perkuliahan disana mahasiswa UM juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat bersejarah disana seperti Hagia Sofia, Masjid Sultan Ahmed, Istana Topkapi, Mevlana Museum dll.

Pewarta           : Nuri Riskian – Internship Humas UM