image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) berkomitmen menjadi perguruan tinggi  yang unggul dan rujukan dalam bidang pendidikan di Asia bahkan Dunia. Penjaminan mutu pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut. Hal ini perlu dilakukan dalam agar kedepan para lulusan UM mampu bersaing di dunia kerja. Lima Prodi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menjalani visitasi akreditasi internasional oleh ASIIN pada (9-11/11).

ASIIN merupakan lembaga akreditor asal Jerman yang berfokus pada displin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, biologi. Kelima prodi tersebut adalah S1 Biologi, S1 Pendidikan Biologi, S1 Kimia, S1 Pendidikan Kimia, dan S1 Pendidikan IPA. 

Dekan FMIPA Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si mengungkapkan bahwa visitasi 5 prodi ini merupakan lanjutan dari akreditasi ASIIN sebelumnya. “4 prodi di FMIPA sudah berhasil akreditasi ASIIN, kemudian sekarang ada 5 prodi lagi yang kami ajukan, semoga kedepannya jenjang S2 segera menyusul. Aspek penilaian dalam akreditasi internasional ini mencakup berbagai aspek mulai dari karakteristik program studi, kurikulum, pengembangan belajar dan pembelajaran, ujian, pengembangan sumber daya manusia hingga penjaminan mutu. Visitasi ASIIN dilaksanakan selama 3 hari, hari pertama bersama pimpinan UM, koorprodi dan dekanat , hari kedua bersama para kepala laboratorium, dosen dan mahasiswa, sedangkan di hari terakhir bersama para stakeholder dan partner,” ujarnya.

Melalui akreditasi ini, Dekan FMIPA berharap dapat memotivasi sivitas FMIPA baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa. “Dosen harus memiliki wawasan internasional yang dapat mempengaruhi mahasiswa memiliki wawasan internasional pula, akan diperbanyak fasilitas berupa pendanaan untuk berkarya, semoga kedepannya ada kemajuan di bidang riset, inovasi, dan publikasi,” pungkasnya.

Pewarta : Arya Wahyu Pratama – Internship Humas UM

Pewarta Foto : Fakhrun Nisa & Abdul Fattah – Internship Humas UM