image_pdf

Realisasi kerja sama antara Universitas Negeri Malang dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat, Kamis, 24 Oktober UM telah mengirim sebanyak 50 mahasiswa dari berbagasi prodi untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Tanggap bencana. Upacara penerimaan mahsiswa dilakukan di kantor BPBD langsung diterima oleh Wakil Gubernur NTB Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd

Dalam sambutanya Wagub menyampaikan ucapan terimakasih atas peran serta mahasiswa UM yang ikut serta simpati terhadap bencana yang pernah di alami di daerahnya, dan berharap dengan kehadiran mahasiswa masyarakat di lokasi mendapat banyak manfaat baik terkait dengan pemulihan trauma maupun peningkatan produktifitas masyarakat khususnya bagaimana membantu menciptakan masyarakat mandiri tanggap bencana. Wagub juga menjelaskan praktik-praktik baik yang telah dilakukan pemerintah daerah sehingga Lombok pada umumnya lebih cepat dalam pemulihan kondisi pasca gempa dan ke depan diharapkan UM dapat mengembangkan kerjasama yang lain termasuk kerjasama penguatan pendidikan dan manajemen pesantren.

KKN yang akan berlangsung selama 30 hari ini diserahkan ke pemerintah daerah NTB oleh Wakil Rektor III Dr. Mu’arifin, M.Pd, yang didampingi oleh Sekretaris LP2M Dr. Ahmad Munjin Nasih, S.Pd.,M.Ag  serta  para Dosen Pembimbing.  Kepala Pusat PSWKKN Dr. Agung Winarno. MM menjelaskan bahwa ke 50 Mahasiswa ini adalah hasil seleksi yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai program studi dengan pertimbangan tingkat kesungguhan, kesehatan dan kreativitasnya  serta pengalaman berorganisasi.  Sebelum berangkat mahasiswa telah dibekali di kampus terkait dengan kebijakan dan hakekat KKN UM, metode trauma healing, manajemen kebencanaan serta strategi pendekan kepada masyarakat.


Kontributor : Meisa Isnaini