image_pdf
Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M., selaku ketua bidang penalaran UM

Malang. Dalam rangka meningkatkan kualitas karya literasi mahasiswa, Universitas Negeri Malang (UM) selenggarakan workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada Senin (14/10) di Fakultas Ekonomi (FE) UM. PKM center UM mengundang viewer PKM Nasional dari Universitas Islam Indonesia, Prof. Akhmad Fauzy, S.Si., M.Si., Ph.D sebagai pemateri untuk mengupas tips dan trik membuat PKM yang berkualitas sesuai standard kejuaraan PIMNAS. Wakil rektor III UM, Dr. Mu’arifin, M.Pd. membuka secara resmi kegiatan workshop tersebut.

“Motivasi pertama keikutsertaan kalian dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah dalam rangka menempa diri pribadi anda sendiri dalam menunjukkan kinerja yang baik. Minimal sudah ada pengalaman dalam hal seperti ini, sehingga nanti akan membantu sekali dalam pengerjaan skripsi. Mari gunakan workshop ini sebagai sarana dalam memecahkan suatu permasalahan dan juga semoga dapat menghasilkan proposal yang berkualitas sehingga dapat membawa nama baik universitas di kancah nasional,” ujarnya kepada 500 mahasiswa UM dalam sambutannya.

Dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 tahun ini yang diselenggarakan di Universitas Udayana Bali, UM menempati peringkat 8 terbaik dengan perolehan 2 medali emas dan 4 medali perunggu. Penyelenggaraan workshop ini tak bisa lepas dari harapan universitas untuk meningkatkan prestasi dalam PIMNAS, sehingga UM dapat menempati peringkat yang lebih tinggi di PIMNAS ke-33 mendatang.

Target PKM center UM mengenai jumlah PKM yang masuk ke data universitas tahun ini adalah 1000 PKM, sehingga berbagai upaya edukasi dilancarkan untuk memenuhi target tersebut. Bulan Oktober dan November ini direncanakan pengadaan pembinaan bagi semua mahasiswa pengusung proposal PKM, dilanjutkan bulan Desember mendatang adalah mengumpulan PKM ke Belmawa Kemenristekdikti.

“Panduan PKM 2019 akan segera launching minggu depan, PKM center juga akan segera launching tempat yang lebih luas. Sehingga, jika ada mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam pengerjaan PKM, mereka bisa datang ke PKM Center untuk melakukan konsultasi. Kami siap membantu,” ujar Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M., selaku ketua bidang penalaran UM.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM