image_pdf

Malang. Suistanable Development Goals menjadi hal yang hangat digalakkan saat ini. Sabtu (09/11), Unit Aktivitas Mahasiswa Peneliti dan Penulis Produktif (MP3) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat SMA dan sederajatnya se-Jawa Timur. Mengangkat tema Inovasi Kreatif demi Mewujudkan Suistanable Development Goals 2045, lomba dihelat di Ruang Ormawa FIP UM dan dihadiri oleh finalis dari berbagai daerah di Jawa Timur. Sebelumnya, kelima finalis yang berasal dari beragam daerah meliputi Banyuwangi, Madiun, Ponorogo, dan Kota Malang telah melalui proses seleksi menggugurkan 25 peserta lain. Acara final berlangsung dengan menyenangkan. Para peserta menampilkan presentasi dengan cukup kreatif dan memukau para juri.

LKTI ini merupakan LKTI yang pertama kali diadakan oleh UA MP3. Ketua UA MP3 FIP UM, Meytika Sari Dwijayanti menuturkan, lomba ini diharapkan dapat menjadi ruang untuk para siswa tingkat menengah atas agar dapat berpartisipasi dan memahami lebih dalam apa yang terjadi di dunia saat ini. Indonesia saat ini merupakan negara berkembang, yang tentunya segala sesuatu harus dipersiapkan dengan optimal.

“Sasaran dari kreasi mereka mengarah ke sana dan menjawab tantangan bagi kaum milenial, yang mana mereka bisa memanfaatkan dan berperan untuk memajukan bangsanya sendiri.” Jelas Meytika lebih lanjut.

SDGs sendiri merupakan target dunia yang meliputi berbagai target menuju kehidupan dunia yang lebih baik. “Karena 17 poin dan 169 target menjadi tanggungjawab kita. Sehingga inovasi dan kreasi mereka dapat mengarah ke sana.”

Dari kegiatan ini, Meytika juga berharap para finalis dapat termotivasi untuk berkarya dan melanjutkan studi lanjut.           

            Lomba LKTI ditutup dengan pengumuman para pemenang lomba di penghujung acara. Juara satu disabet oleh SMA Giri 1 Banyuwangi dengan judul karya POLIGAMI : Pelet Inovatif Berbasis Formulasi Kiambang dan Limbah Industri Ikan Lemuru Terintegrasi Ekstrak Daun Pegagan Sebagai Upaya Meningkatkan Budidaya Ikan Nila di Kabupaten Banyuwangi. Juara dua diraih SMA Islam Sabilillah Malang yang mengangkat karya berjudul PNB (Plant Nutri Blood) Pupuk Organik dari Limbah Darah Sapi dan Jamur Trichoderma untuk Mengembangkan Komoditas Hasil Hutan Non-Kayu (HHNK).

Sementara juara tiga berjudul Efektivitas Kaltepasi (Karbon Aktif Limbah Tempurung Kelapa dan Kulit Singkong) Sebagai Adsorben ion Pb (Timbal) pada Air dalam Upaya Mengurangi Pencemaran Air yang digagas siswa MAN 2 Ponorogo. Selain itu, Best Presentation diraih oleh MAN 2 Ponorogo yang menyuguhkan ide berjudul ABON “Tabuga” (Sebagai Inovasi Pengembangan Pangan dengan Metode E-Commerce). Sedangkan Best Karya Tulis Ilmiah diraih oleh SMAN 1 Geger Madiun dengan judul KTI e-Bos (Education Bank on School) Sebagai Upaya Edukasi Keuangan di Kalangan Generasi Muda.

Ke depannya, Meytika berharap lomba ini dapat diagendakan sebagai kegiatan tahunan.

“Inovasi itu akan terus berkembang. Jangan lelah membaca, jangan lelah mencari ide-ide baru.” Pesan mahasiswa jurusan BK tersebut.

Pewarta : Umi Nahdhiah – Internship Humas UM