image_pdf

Akbar Mahfiroh Febrianto, mahasiswa baru Jurusan Ilmu Keolahragaan

Malang. Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Malang (UM) tahun 2020 ditutup dengan sukses dan lancar. Terhitung pukul 23.59 WIB pada (24/9), PKKMB UM 2020 resmi ditutup bersamaan dengan pengunggahan tugas akhir mahasiswa baru. Kali ini, panitia menginisiasi sistem penutupan PKKMB UM melalui pemutaran video dari fakultas masing-masing mahasiswa. Tentu hal ini berbeda dengan sistem penutupan PKKMB UM tahun sebelumnya yang dilaksanakan terintegrasi di ranah universitas.

Pada PKKMB UM yang dilaksanakan secara asinkronus ini, mahasiswa harus menyelesaikan dua tugas utama, yakni evaluasi proses dan evaluasi hasil. Evaluasi proses dilaksanakan dengan memberikan umpan balik (feed back) dan evaluasi hasil dengan menjawab tugas dan soal pada setiap materi. Tugas-tugas ini harus diunggah sesuai dengan instruksi dengan batas waktu  pukul 23.59 WIB pada penutupan PKKMB tersebut. Jika melewati batas maksimal, sistem akan tertutup secara otomatis serta mahasiswa dinyatakan tidak memenuhi tugas PKKMB yang diberikan dan harus mengulangnya tahun depan.

Akbar tampak menyimak materi yang diberikan dari FIK UM

Akbar Mahfiroh Febrianto, mahasiswa baru Jurusan Ilmu Keolahragaan menyampaikan bahwa dirinya telah memenuhi semua tugas yang diberikan. Akbar sangat bersemangat mengerjakan tugas PKKMB walaupun harus dilakukan secara daring akibat pandemi Covid-19. “Walaupun saya melaksanakan PKKMB dari rumah, saya tetap menikmati program ini. UM selalu menghadirkan program-program yang menarik dengan feel yang masih bisa didapatkan walaupun saya sedang berada di Sumatera Selatan”, jelas Akbar dari Muara Enim, Sumatera Selatan.

“Saya terlebih dahulu membaca materi berupa video, PPT, dan suplemen secara cermat dan sistematis sesuai dengan jadwal PKKMB yang diberikan. Kemudian, jika sudah selesai mempelajari suatu materi, mahasiswa diarahkan untuk mengerjakan tugas berupa evaluasi proses dan evaluasi hasil PKKMB”, tambahnya. Akbar juga menyampaikan bahwa penutupan PKKMB UM 2020 berisi acara hiburan tentang pesan-pesan moral dimasa pendemi Covid-19 secara virtual.  Di fakultasnya, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), dia disuguhkan dengan suntikan motivasi yang disampaikam oleh jajaran pejabat FIK serta kakak tingkat dari FIK agar selalu bersemangat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Pewarta : Siti Nuradilla – Internship Humas UM