image_pdf

Malang- Kurang lebih 612 mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) menghadiri acara yudisium yang dilaksanakan di Gedung Sasana Budaya UM. Rektor UM, Ketua LP3 UM, dan Kaprodi PPG juga turut hadir pada acara yudisium tersebut. Ke-612 peserta PPG yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan professional keguruannya di UM, diharapkan menjadi pendidik masa depan yang mampu menciptakan generasi bangsa yang lebih baik lagi (25/06).

Prof. Dr. A.H. Rofi’uddin, M.Pd. dalam sambutan sekaligus pelepasan peserta PPG mengatakan “612 peserta yang sudah memenuhi ketentuan untuk lulus dan lolos Pendidikan Profesi Guru, kini di pundak saudara sebenarnya semua beban itu disematkan”, terangnya. Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa pendidikan di Indonesia memiliki dua standar yaitu pendidikan dengan standar tinggi dan pendidikan dengan standar rendah. Berdasarkan hal tersebut, diharapkan para peserta PPG yang telah lolos dapat memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia dan mencetak generasi-generasi emas bangsa.

Tidak hanya itu saja, Prof. Dr. A.H. Rofi’uddin, M.Pd. menjelaskan “Generasi emas bangsa akan memiliki kualitas tinggi jika dididik dengan benar dan diurus dengan benar. Negara kita ini adalah negara yang memiliki jumlah generasi muda sangat besar, China saja yang penduduknya terpadat di dunia jumlah generasi mudanya saja sudah berkurang, karena peraturan di sana memberlakukan setiap keluarga memiliki satu anak”, terangnya.

Beliau juga memaparkan bahwasanya generasi yang dimiliki Indonesia adalah generasi emas yang diyakini bahwa mereka memiliki kualitas yang sangat bagus jika diberi fasilitas pendidikan yang mumpuni. Menurut beliau kualitas pendidikan akan meningkat apabila tangan-tangan para pendidik mampu meramu pendidikan dengan baik dan benar. Selain itu, beliau menghimbau kepada peserta PPG yang telah menjadi alumni UM agar turut menjaga nama baik almamater dengan berkinerja menjalankan tugas dengan baik dan diharapkan agar dapat menjadi pembaharu sesuai profesi yang digeluti.

Pewarta           : Salsabila Indana Zulfa-Internship Humas UM