image_pdf
Sambutan Ketua LP3

Malang. Pelatihan Applied Approach (AA) kembali digelar oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Malang (UM) pada Senin (09/03) di Gedung H8. Pembukaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Ketua LP3, sekretaris LP3 dan beberapa kepala pusat di LP3. Kegiatan tahunan yang diikuti oleh 74 dosen ini akan dilaksanakan selama tiga hari tatap muka dan monitoring tugas hingga akhir semester genap ini. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed, M.Si.

Sambutan pembukaan secara resmi oleh Wakil Rektor I

Applied Approach merupakan kegiatan wajib yang ditempuh dosen untuk menjadi asisten ahli. Satu paket dengan kegiatan Pekerti yang telah dilaksanakan di tahun 2019 lalu. Memang sudah menjadi ketetapan standard kepegawaian UM bahwa untuk menjadi Asisten Ahli haruslah sudah mengikuti Pelatihan Pekerti dan Applied Approach,” jelas I Wayan Dasna selaku ketua LP3 dalam sambutannya.

Peserta Applied Approach

Ia menambahkan bahwa tujuan AA ini adalah melatih peserta untuk mendesain pembelajaran, kemudian desain itu yang akan diterapkan. Lingkup desain pembelajarannya adalah pendekatan pembelajaran berbasis kehidupan.

Peserta Applied Approach I

Terdapat beberapa materi yang akan diikuti oleh 74 dosen peserta Applied Approach, diantaranya adalah Paradigma Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Kurikulum dan Pengembangan Desain Pembelajaran, Total Quality Managment, Pengembangan Bahan Ajar dalam Bended Learning, Pengembangan Media Pembelajaran, Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran, dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Kemudian peserta akan mendapatkan tugas yang harus diselesaikan di akhir semester ini. Pihak LP3 UM akan melakukan monitoring berkelanjutan terkait tugas tersebut. Pengambilan sertifikat pun tidak bisa dilakukan jika tugas tersebut belum selesai.

Foto Bebas Bersama

“Kami harapkan saudara bisa stay disini dengan semangat mempelajari materi-materinya, mengikuti arahan-arahan dari narasumber, dan mengerjakan tugas dengan baik dan benar. Kami berharap juga penggunaan Sipejar sebisa mungkin harus dimaksimalkan, seluruh materi bisa diunggah disana sehingga mahasiswa bisa memiliki akses untuk materi yang akan dipelajari selama satu semester kedepan. Hal tersebut akan sangat mendukung proses pembelajaran di kelas nantinya,” ujar Wakil Rektor I UM dalam sambutan pembukaannya.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Kautsar S – Humas UM