image_pdf

Malang. Setelah melakukan persiapan jauh-jauh hari, mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Negeri Malang (UM) angkatan 2016 yang menempuh mata kuliah pameran mengadakan pameran karya sebagai salah satu tugas akhir semester. Acara ini bernama Artsybition Exhibition 21st Century Pop Culture dan potret lomba swafoto yang akan dilangsungkan selama 3 hari sejak hari Senin hingga Rabu (22-24/04). Pameran tersebut berlokasi di gedung E8 Fakultas Sastra UM.

Karya yang dipamerkan tak hanya berasal dari kelas DKV saja, melainkan juga terdapat karya dari mahasiswa seni rupa. “Karya yang dipamerkan diantaranya adalah nirmana 2D dan 3D, lukisan, instalasi, game, ilustrasi dan animasi siap produksi. Mahasiswa harus berani mengeksplorasi diri, berkarya untuk bangsa,” tutur Joni Agung Sudarmanto, dosen mata kuliah pameran Seni Desain UM.

Joni menjelaskan bahwa mahasiswa seni memiliki potensi yang bagus, karyanya juga berupa produk inovatif, tinggal pengetahuan mengenai pemasaran dan pengelolaan perusahaan seni sendiri yang belum sempurna difahami mengingat mereka masih semester 6. Oleh karena itu, di mata kuliah pameran ini diharapkan mahasiswa seni bisa mengelola bisnis seni sendiri.

Bagian yang paling menarik perhatian mahasiswa awam adalah nirmana 2D yang dipajang di sepanjang lorong gedung E7. “Nirmana itu memang tanpa makna tapi punya rasa, ketika dilihat yaa indah ada nilai estetikanya,” lanjut Joni. Selain nirmana, karya lainnya seperti animasi, game dan ilustrasi berada di dalam ruangan.

Ketua panitia Artsybition Exhibition, Zinnurain mahasiswa Desain Komunikasi Visual angkatan 2016 menceritakan persiapan panitia, bahwa mereka telah mempersiapkannya jauh-jauh hari.

“Bersyukur sekali pameran yang kami selenggarakan mendapat respon positif dari rekan-rekan mahasiswa dan Bu Prima, perwakilan dekan fakultas sastra saat pembukaan tadi, beliau mengumumkan bahwa akan diselenggarakan pameran seni yang lebih besar yang diadakan atas nama fakultas. Tentu saja kami sebagai mahasiswa seni merasa sangat diapresiasi. Terimakasih,” ujarnya.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Abdul Fattah – Internship Humas UM