image_pdf
Komisioner Komisi Informasi Pusat RI Bidang Kelembagaan, Cecep Suryadi, S.sos., M.E memberikan materi pada workshop peningkatan layanan informasi publik di UM, 26 April 2021

Malang. Menjadi badan publik yang terbuka merupakan hal yang mutlak dilakukan pada era ketebukaan informasi. Masyarakat memiliki hak untuk tau atas informasi yang ada pada badan publik, seperti halnya Universitas Negeri Malang (UM). Sebagai lembaga penyelenggara kegiatan ppendidikan dan pembelajaran, maka informasi-informasi yang terkait pendidikan dan pembelajaran harus mudah untuk diakses oleh publik.

Hal ini yang disampaikan oleh Wakil Rektor IV UM Prof. Ibrahim Bafadal, M. Pd saat membuka acara Workshop Peningkatan Layanan Informasi Publik di Lingkungan Universitas Negeri Malang (UM) Tahun 2021, di Graha Rektorat UM lantai 9, Senin 26 April 2021.

“UM merespon UU no. 14 tahun 2008. Kami juga memberikan perhatian khusus atas keberadaan PPID sebagai pengelola informasi di UM. Bukan hanya sekedar ada, tetapi harus memiliki prestasi yang baik kepada lembaga,” jelasnya.

Sementara itu PPID UM, Dr. Juharyanto, M.M, M.Pd menyampaikan bahwa PPID UM senantiasa berbenah selaras dengan perkembangan arus informasi.

“Saat ini layanan informasi tidak cuukup hanya dilakukan secara tatap muka, tetapi sudah harus terjangkau sacara sistem, yaitu mudah, murah cepat dan dengan cara yang sederhana. Sebagai progam aksi kami tahun ini, PPID UM akan mengembangkan fasilitas elektronik daftar informasi, statistik online dan laporan online,” paparnya.

Lebih lanjut Dosen yang sekaligus Staf Ahli Wakil Rektor IV ini juga menguraikan bahwa selama ini PPID UM juga sudah memiliki komimen yang kuat untuk menerima mandat sebagai badan publik yang terbuka sesuai amanah UU. Hal ini dibuktikan anugerah keterbukaan informasi yang diperolah PPID UM yang meningkat dari tahun ke tahun.

“PPID UM menerima anugerah sebagai Badan Publik peringkat 7 tahun 2016, kemudian peringkat 4, predikat menuju informatif, dan pada tahun 2020 mendapat predikat informatif’, lanjutnya.

Pembicara pada kegiatan workshop ini yaitu; Komisioner Komisi Informasi Pusat, Cecep Suryadi, S.sos., M.E., Tenaga Ahli KI Pusat, Fathul Ulum, S.H., M.H., dan staf Bagian Perencanaan KI Pusat, Istiningsih, S.Kom. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 30 peserta yang terdiri dari para penyedia layanan informasi publik di lingkungan UM, para Koordinator bagian dan sub koordinator.

Kunjungi galeri Workshop Peningkatan Layanan Informasi Publik

Penulis : Intern Humas