image_pdf
Yudhistira Pramana Adji, selaku Ketua HMJ Sastra Indonesia UM menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakannya acara Bakti Literasi

Malang. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Indonesia, Universitas Negeri Malang (UM) sukses melaksanakan kegiatan tahunannya, yakni Bakti Literasi. Kegatan ini dilaksanakan di Panti Asuhan Mubarrot NU, Yayasan Al Ma`arif, Desa Ngadilangkung, Kepanjen Kab. Malang secara offline dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19 pada Sabtu (17/04). Peserta kegiatan ini adalah seluruh pengurus HMJ Sastra Indonesia yang berdomisili di Malang.

Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Membangun Jiwa PEKA (Produktif, edukatif, Kreatif dan Aksi) untuk Menenmbus Batas dalam Literasi Sejak Dini” kerena tidak lain Tujuan kegiatan ini adalah sebagai salah satu bentuk implementasi tri dharma perguruan tinggi dibidang pendidikan dan pengabdian masyarakat.

Suasana kegiatan Bakti Literasi

Mahasiswa yang sering disebut sebagai agent of change harus bisa memberikan efek positif yang nyata bagi masyarakat disekelilingnya. Memberikan fasilitas sudut baca dalam rangkaian kegiatan bakti literasi merupakan bentuk nyata upaya untuk turut berpartisipasi dalam mencerdaskan generasi bangsa dan untuk menghidupkan kembali budaya literasi di Indonesia yang mulai menurun. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan meningkatkan pola berfikir kritis pada pengurus HMJ Sastra Indonesia UM.

Acara ini dimulai sejak pagi hingga sore dengan rangkaian acara yang beragam, yakni pembukaan, sambutan dari pihak HMJ Sastra Indonesia UM dan pihak Panti Asuhan Mubarrot NU, pelaksanaan lomba-lomba, dilanjutkan dengan sosialisasi serta penyerahan sudut baca dan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan ke Panti Asuhan Mubarrot NU. Acara ini disambut dengan penuh antusias oleh para adik-adik panti. Mereka merasa senang bisa ada Bakti Literasi dan dibangunkan sudut baca sebagai salah satu spot baru untuk menghibur diri ditengah kebosanan di masa pandemi.

Yudhistira Pramana Adji, selaku Ketua HMJ Sastra Indonesia UM menyerahkan cinderamata kepada perwakilan Panti Asuhan Mubarrot NU, Yayasan Al Ma`arif

“Saya berharap dengan adanya kegiatan Bakti Literasi ini bisa memberikan dampak positif bagi adik-adik semua. Bisa menumbuhkan jiwa literasi kalian sejak dini dan menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas dan berpengetahuan luas. Selain itu, semoga dengan adanya kegiatan ini menjadikan para pengurus HMJ Sastra Indonesia UM, memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan terus berfikir kritis,” ucap Yudhistira Pramana Adji, selaku Ketua HMJ Sastra Indonesia UM ketika memberikan sambutan.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM(Mahasiswa Sastra Arab UM)