image_pdf

Kediri. Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (BAPOMI) Jawa Timur gelar rapat kerja bersama para petinggi perguruan tinggi se-Jawa Timur pada Kamis-Sabtu (23-25/12) di hotel Grand Surya, Kediri. Acara ini bertujuan untuk berkordinasi menyiapkan diri menuju Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVII tahun 2022 di Padang, Sumatra Barat. Sekaligus untuk meningkatkan partisipasi para perguruan tinggu dan mahasiswa di Bapomi dan juga harus aktif agar meningkatkan prestasi.

Dr. Mu`arifin, M.Pd., Ketua Bapomi Jatim

Menurut Dr. Mu`arifin, M.Pd., Ketua Bapomi sekaligus Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang (UM) menyampaikan banyak sekali keuntungan ketika bisa berpartisipasi aktif di Bapomi. “dengan tema yang kita angkat pada hari ini yakni meraih reputasi perguruan tinggi melalui prestasi mahasiswa, saya berharap semua bapak/ibu yang hadir disini ikut berperan aktif dalam kegiatan yang ada di Bapomi, terutama untuk persiapan Pomnas mendatang. Karena Pomnas ini merupaka salah satu event yang setara dengan Pimnas, maka ini bisa menjadi alternative bagi perguruan tinggi terutama perguruan tinggi swasta yang kurang mampu untuk menyaingi perguruang tinggi lain di bidang akademik,” ucapnya.

“Pada Pomnas 2019, Jawa Timur masih menempati peringkat ke-3 Nasional, padahal penyumbang atlet terbanyak. Ternyata hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pembiayaan dan masih ditanggung oleh perguruan tinggi, maka dari itu saya akan mengusahakan untuk meningkatkan fasilitas pelayanan atau apresiasi dan rekognisi atau pengakuan akademik agar mendongkrak prestasi para atlet dan menumbuhkan semangatnya,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Imam Hariadi, M.Kes. yang menyampaikan tentang teknis persiapan Pomnas XVII 2022 di Padang. “Kita akan mengadakan seleksi yang sangat ketat karena kita harus naik satu tingkat daripada peringkat yang ada di tahun 2019 kemarin dan jumlah medali yang diperebutkan lebih banyak. Setelah itu, kami akan melakukan pembinaan baik secara desentralisasi maupun secara sentarlisasi hingga mendekati pelaksanaan Pomnas 2022,” ungkapnya.

Di penghujung acara rapat kerja forum komunikasi pimpinan kemahasiswaan perguruan tinggi se-Jawa Timur dan Bapomi ini juga sekaligus digunakan untuk melakukan pemilihan ketua umum Bapomi selanjutnya, dan dari hasil rapat tersebut ketua Bapomi Jawa Timur masih sama yakni Dr. Mu`arifin, M.Pd.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM