image_pdf

Para Pemateri

Malang. Pusat HAKI, Inkubasi Bisnis, Komersialisasi dan Afiliasi Industri-LP2M Universitas Negeri Malang (UM) selenggarakan Seminar Inkubator Bisnis dengan mengusung tema Menuju Wirausaha Mandiri. Seminar umum ini berlangsung di Hotel Sahid Montana 2 Malang pada Sabtu (5/10). Pemateri seminar yang hadir sangat sesuai dengan tema dan dinilai sudah lihai dalam berwirausaha diantaranya Samsul Anam, S. Pd. dari alumni Teknik UM seorang pengusaha CV. Badak Teknik, Puguh Dwi Kristanto sebagai youtuber, Fuad Fauzi, S. Kom., M. Kom. sebagai pemilik dan konsultan Marketing Planning & Development dan Nila Furaida, S. E. sebagai Manager Bank Syariah Mandiri KCP UB.

Pelaksanaan seminar ini dibagi menjadi empat sesi sesuai dengan pemateri yang ada dan dihadiri oleh 125 orang dari mahasiswa dan pengusaha. Sasaran seminar yang diselanggarakan kali ini mengarah kepada mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja. Diharapkan mereka ada tujuan bisnis kedepannya.

Para Peserta nampk antusias mengikuti pelatihan

Alfian dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuannya mahasiswa ada bisnis yang akan dijalankan, “Tujuannya ada bisnis yang mahasiswa dijalankan ketika sudah lulus sambil menunggu pekerjaan layak. Disini akan memaparkan lebih gamblang terkait wirausaha sehingga dapat mengubah maindset untuk menjadi pengusaha atau entrepreneur. Semoga bisa menjadi pengusaha yang sukses, tangguh dan beruntung.” tuturnya.

Dilanjutkan dengan sesi pertama yakni pemateri oleh Samsul sebagai CV. Badak yang membagi kisah kehidupannya sebagai seorang wirausaha dari nol sampai sukses menjadi entrepreneur,“Dari pengalaman saya peroleh bahwa jangan pernah bermimpi menjadi pengusaha besar sebelum mengerjakan pekerjaan kecil. Cari pekerjaan yang mampu membuat prestasi bisa dihargai dengan uang, yakni menjadi marketing. Yang penting dari seorang wirausaha yaitu jangan pernah menghindari komplain dari pelanggan.” ungkapnya.

Pemateri berinteraksi dengan para peserta

Lanjutnya Samsul memberikan tips menjadi seorang wirausaha yakni kejujuran adalah kunci dari segalanya saat bekerja, buang rasa malu dan saat melamar pekerjaan jangan melihat latar belakang keluarga maupun status pendidikan. Seorang wirausaha harus mencari kualitas, mempunyai SDM yang bagus agar tidak ada problem besar di lingkup pekerjaan, memiliki otak yang kratif atau jago, mudah untuk dihubungi saat dibutuhkan. Ketika sudah memiliki karyawan, maka seorang pengusaha harus menjaganya, karena karyawan adalah aset.

Pewarta           : Riska Febrianti – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Riki Pratama – Internship Humas UM