image_pdf
Bincang singkat penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Malang 2021

Malang. Pada 9 Februari 2021 Channel YouTube City Guide 911 FM mengadakan streaming #Galery CityGuide – Penerimaan Mahasiswa Baru UM 2021 bersama Prof. Dr. H. Budi Soetjipto, M.Ed., M.Si selaku wakil rektor I UM, Prof. Dr. Suyono M.Pd selaku Staf Ahli Wakil Rektor I sekaligus Plt. Biro Aksi UM, dan Dr. H. Iman Agus Basuki, M.Pd selaku Ketua Satuan Penjaminan Mutu UM. Bincang singkat ini dipandu oleh host City Guide, Elsa Renika.

Sistem penerimaan mahasiswa baru UM tentunya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni ada jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Untuk SNMPTN dan SBMPTN syarat dan ketentuan tetap mengikuti aturan pusat. Menurut Dr. H. Iman Agus Basuki, M.Pd sistem pemilihan prodi SNMPTN tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu salah satu dari dua prodi yang dituju harus berada di provinsi yang sama tempat siswa bersekolah.

Pihak UM berada di Galery City Guide 911 FM

Perbedaan juga terdapat pada SBMPTN, tahun ini materi tes UTBK TKA, TPS, dan TPA akan dikemas menjadi satu. Sedangkankan untuk jalur mandiri UM memiliki tiga opsi, yakni melalui prestasi, skor UTBK SBMPTN, dan portofolio. Jalur prestasi mengaharuskan minimal pernah menjuarai tingkat provinsi untuk S1 dan tingkat kabupaten/kota untuk D3.

Tahun ini UM memiliki kuota 6543 untuk mahasiswa baru dengan 1965 melalui jalur SNMPTN, 2951 jalur SBMPTN, dan 1627 jalur mandiri. Prof. Dr. H. Budi Soetjipto, M.Ed., M.Si memberikan bocoran kepada calon mahasiswa UM bahwa skor rata-rata minimum UTBK untuk tembus SBMPTN adalah 575, “Kalau ingin mengambil prodi yang tinggi, paling tidak skornya 600. Jika dibawah itu jangan ambil tingkat ketetatan yang tinggi karena berakibat tidak lolos, dimana nilai itu dibandingkan seluruh Indonesia”.

Foto bersama setelah kegiatan

Adapun pesan-pesan untuk calon mahasiswa baru adalah carilah informasi sebanyak mungkin. Jika terterima pada jalur SNMPTN/SBMPTN maka wajib untuk melakukan pendaftaran ulang karena kasihan pada mereka yang mengharapkan kuota tersebut. UM merupakan kampus yang memiliki sejarah panjang, lulusan bagus, dan prestasi dapat dipercaya, maka janganlah ragu untuk mendaftarkan diri di UM, ujar Prof. Dr. Suyono M.Pd.

Pewarta : Risa Ramadania – Internship Humas UM