image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) membuka program studi baru yakni S3 Pendidikan Dasar (Dikdas) di semester gasal tahun 2019 ini. Keputusan tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Republik Indonesia nomor 64/KPT/2019 tanggal 7 Februari 2019 tentang Izin Pembukaan Program Studi Pendidikan Dasar Program Doktor.

Sebagai tindak lanjut dari keputusan tersebut Praktisi Pendidikan Dasar (Pejabat dari Lembaga Pemerintah yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan Pendidikan Dasar), Direktur Pascasarjana UM, Wakil Direktur Pascasarjana UM, Koorprodi S3 Dikdas Pascasarjana UM dan semua dosen pengampu matakuliah S3 Dikdas Pascasarjana UM menyelenggarakan workshop pengembangan kurikulum program studi doktor pendidikan dasar di hotel Royal Orchids Garden dan Condominum Batu, Malang. Workshop yang diselenggarakan selama dua hari (16-17/7) tersebut akan menghasilkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masa kini. Tersusunnya kurikulum S3 Pendidikan Dasar akan mencakup Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi, Profil lulusan, Kapabilitas Dasar Lulusan, Capaian Belajar, Nama, diskripsi, dan bobot sks matakuliah, Struktur sajian matakuliah.

Selanjutnya dijelaskan oleh Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed selaku Korprodi S3 Pendidikan Dasar UM bahwa kurikulum merupakan hal yang sangat vital dan strategis. Tujuannya kita ingin menghasilkan kurikulum yang memang link dan match dengan kebutuhan masa kini. “S3 Pendidikan Dasar akan dimulai di semester gasal dan sudah ada 21 mahasiswa yang daftar. Pendidikan dasar intinya yakni pendidikan yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu. Karena itu disini hadir pakar ilmu dari semua prodi yang akan menyusun kurikulum untuk S3 Pendidikan Dasar,” terangnya.

Program doktor pendidikan dasar yang baru dibuka ini memiliki keunikan yang terletak pada kurikulum yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu untuk mendidik doktor. Mahasiswa S3 Pendidikan Dasar nantinya akan menempuh studi di gedung PPG. Sementara jalur pendidikan yang ditawarkan ada dua yakni jalur kuliah dan jalur penelitian. Sejak awal mereka akan memilih salah satu jalur tersebut. Mereka akan lulus ketika mampu menghasilkan karya-karya riset yang sudah dipublikasikan internasional.

Samsul menambahkan harapan dibukanya S3 Pendidikan Dasar ini bagi masyarakat luas, “Bagi masyarakat indonesia semoga bisa memanfaatkan adanya program doktor pendidikan dasar ini untuk meneruskan karier akademik dan memberi kontribusi yang signifikan dan stategis bagi pembangunan pendidikan dasar bangsa Indonesia dan Internasional.” ujarnya.

Pewarta           : Riska Febrianti – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Diana Rahmawati S – Internship Humas UM