image_pdf

Malang. Sejak ditetapkan sebagai PTN-BH, UM telah mengelola rumah tangganya secara mandiri. Salah satunya pada seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Mandiri. Apabila kuota SNMPTN sebesar 20%, SBMPTN sebesar 30% maka di jalur Mandiri ini UM menyediakan kuota maksimal sebesar 50% dari jumlah total diterimanya calon mahasiswa. Di jalur ini terdapat beberapa jenis seleksi yang bisa diikuti oleh calon peserta, yakni melalui jalur prestasi (akademik maupun non akademik), portofolio, skor UTBK, dan Tes Masuk Berbasis Komputer (TMBK). 

Selain itu, pada tahun ini UM juga hadirkan sebuah terobosan baru dalam menjaring calon mahasiswanya, yaitu dengan dibukanya jalur Mandiri Kemitraan Institusi. Jalur Mandiri Kemitraan Institusi adalah seleksi yang dilakukan dalam rangka penerimaan mahasiswa baru yang bekerja sama dengan institusi (perusahaan, atau lembaga pemerintah/swasta dalam dan luar negeri) yang bermaksud menjalin kerja sama untuk berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di UM. Jalur ini terbuka untuk semua institusi yang ingin bekerja sama dengan UM, dengan begitu akan ada Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara pihak UM dengan institusi terkait termasuk  penetapan kuotanya. 

Mengenai daya tampung, tahun ini daya tampung mahasiswa pada jenjang S1 di UM sebanyak 7.880 mahasiswa. Pada SNMPTN sebanyak 1.604 mahasiswa, jalur SBMPTN sebanyak 2.425 mahasiswa, dan pada jalur Mandiri sebanyak 3.851mahasiswa. Sedangkan pada jenjang D4, UM menyediakan kuota sebesar 680 mahasiswa yang terbagi dalam 8 prodi dengan rata-rata 80 siswa di setiap prodinya. 

Terdapat beberapa Program Studi (prodi) yang selalu menjadi favorit di UM pada setiap tahunnya. Prodi-prodi tersebut antara lain: Manajemen, Akuntansi, Teknik Informatika, Psikologi, dan Kesehatan Masyarakat. Sementara itu, pada tahun ini Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) UM sedang dalam tahap proses pembukaan, baik dari segi Sumber Daya Manusianya maupun sarana prasarananya. Oleh sebab untuk tahun ini belum dapat menjaring calon mahasiswa angkatan pertama di fakultas tersebut. 

Informasi selengkapnya silakan kunjungi http://home.seleksi.um.ac.id/ 

Pewarta: Mega Tri Utami – Internship Humas UM

Editor : Nike V. Yuarko