image_pdf

Malang. Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) semakin meningkatkan daya kreatif dan inovatifnya walaupun di tengah masa pandemi Covid-19. Hal itu dibuktikan oleh Cakrawala Team yang berhasil mendapatkan penghargaan sebagai tim yang memiliki strategi terbaik pada divisi Racing Plane dalam KRTI 2021. 

Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Pada tahun ini KRTI 2021 melombakan empat divisi yang terdiri dari : 1. Divisi Racing Plane (RP) 2. Divisi Fixed-Wing (FW) 3. Divisi Vertikal Take-off and Landing (VTOL) 4. Divisi Technology Development (TD).

Cakrawala Team sendiri yang terdiri dari 3 mahasiswa UM yaitu : M. Syeh Mas’ud (S1 Teknik Mesin), Fathur Putra Caecar Pratama (S1 Pendidikan Teknik Mesin), dan M. Rizky Purwanto (S1 Teknik Mesin). Disisi lain manajer dari Cakrawala Team tersebut Yusuf Adi menjelaskan bahwa pada KRTI 2021 terdapat beberapa evaluasi keikutsertaan, yaitu : evaluasi pendaftaran (Evaluasi Tahap I), laporan perkembangan rancang bangun (Evaluasi Tahap II) berbasis rekaman video, dan tahap final KRTI 2021. “Pada tahap final, peserta lomba melakukan uji terbang dan mengambil data yang selanjutnya dikirimkan ke panitia (berupa video terbang pesawat). Untuk tahap final KRTI 2021 ini dilaksanakan pada 15-21 November 2021” jelasnya.

 “Selama mengikuti perlombaan pun terdapat beberapa kendala yang mana tempat dan akomodasi untuk latihan terbang mengalami kesulitan, mengingat di wilayah kota Malang sendiri tidak ada lahan yang luas untuk kami gunakan sebagai latihan, tapi hal tersebut tidak menurunkan semangat kami” ujarnya.

Yusuf Adi juga mengungkap bahwa dalam mengikuti perlombaan KRTI 2021 ini tingkat kreatif dan inovatif memang benar ditunjukkan dan hal tersebut merupakan kompetensi  yang terus dikembangkan. “Kami cukup bangga atas pencapaian yang telah kami raih, meskipun hasilnya masih belum maksimal. Ada beberapa hal yang harus kami pelajari dan perbaiki lagi di perlombaan berikutnya. Semoga tahun depan Cakrawala Team selaku perwakilan UM bisa meraih juara di divisi Racing Plane maupun dalam divisi perlombaan lain” ungkap Yusuf Adi selaku manajer dari Cakrawala Team.

Pewarta          : Rizka Putriana – Internship Humas UM