image_pdf
Foto Candra Dwi Aprida bersama dengan Ibunya

Trenggalek. Pandemi virus corona yang masih menyebar di Indonesia mengakibatkan kebijakan baru yang harus diterapkan di kampus. Sejumlah universitas di Indonesia telah melakukan ujian skripsi secara daring (online) untuk mencegah penyebaran Covid-19. Universitas Negeri Malang (UM) juga mengikuti kebijakan baru tersebut, beberapa jurusan telah menerapkan sistem ujian secara “online” di UM salah satunya Jurusan Akuntansi.

Merangkum jadwal resmi ujian skripsi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Semester Genap 2019/2020 Periode IV, pada Selasa (28/04) telah melaksanakan sidang skripsi secara daring dan meluluskan 5 mahasiswa melalui sidang daring tersebut. Salah satu mahasiswa tersebut yaitu Candra Dwi Aprida  yang berasal dari Kabupaten Trenggalek. Mahasiswa dengan judul skripsi “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Muatan Etika Dalam Pengajaran Akuntansi Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi” menjadi salah satu mahasiswa yang mendapatkan gelar sarjana ditengah pandemi Covid-19.

Sidang skripsi yang dijalani Candra menggunakan aplikasi Google Meet dengan waktu mulai jam 08.00-09.30 WIB  dan diberi waktu selama 15 menit untuk presentasi. Dosen pembimbing dan dosen penguji juga bergabung dalam Google Meet tersebut. Setelah proses sidang selesai, mahasiswa dipersilahkan left dari Google Meet dan dilanjut dosen pembimbing dan pennguji melakukan diskusi terkait hal tersebut sampai pada akhirnya dinyatakan “LULUS”.

Candra juga mengungkapkan perasaannya saat sidang seperti yang pastinya hampir sama sebagai mahasiswa umumnya yang ada rasa grogi, membayangkan pertanyaan penguji, apakah bisa menjawabnya atau tidak. Selain itu juga yang sangat dibutuhkan adalah dukungan, doa dan semangat.

Foto Setelah Sidang Online dan mendapatkan Gelar S.Pd

Lebih lanjut Candra membagikan pengalamannya saat persiapan sidang online.

“Yang dipersiapkan seperti berkas draf sidang secara lengkap mulai dari lampiran instumen penelitian, ppt, artikel, buku pendukung, peralatan laptop, hp candangan dan pastinya kuota internet. Yang paling penting adalah koneksi jaringan internet yang lancar karena ketika sinyal itu tidak stabil pasti juga akan terkendala saat sidang berlangsung”.

Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) UM dalam melakukan sidang skripsi online juga melakukan pengecekan seperti peralatan laptop, microfon. Dilakukan juga simulasi sidang seperti cara menampilan PPT di Google Meet, dan pengecekan jaringan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan keberlangsungan sidang berjalan dengan baik dan lancar.

Pewarta : Riki Pratama – Internship Humas UM