image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kegiatan penyemprotan desinfektan di beberapa titik khususnya fasilitas publik. Kegiatan yang dilakukan pada Jumat (20/03) ini dilakukan oleh pegawai Rumah Tangga UM (RT UM). Tujuan dari diadakannya kegiatan ini sendiri adalah untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 di wilayah UM.

Faul Hidayatunnafiq, S.Kom selaku Kasubag RT UM menyebutkan bahwa kegiatan ini sudah berlangsung mulai 18 maret 2020 dan sudah memasuki hari kedua. Rencana penyemprotan desinfektan di beberapa fasilitas mendapatkan akan penaganan khusus, seperti dua kali penyemprotan dalam seminggu dengan jangka waktu pasca penyemprotan sekitar 30 – 60 menit.

Melalui wawancara online, dr. Erianto Fanani, S.Ked selaku tim satgas COVID-19 juga memberikan pernyataan mengenai kegiatan ini. “Waktu penyemprotan dilakukan secara periodik, bergantian antar unit dan fakultas. Di prioritaskan area publik yang berpotensi mengumpulkan massa dalam jumlah banyak, seperti Masjid, Poliklinik dan Rektorat. Penyemprotan sampai saat ini kami jadwalkan hingga tanggal 31 maret, sesuai edaran Rektor untuk work from home. Namun saya rasa ini kondisional, melihat perkembangan penyebaran virus dan kondisi negara termasuk kampus UM” ujar dr. Erianto.

Ia juga menambahkan agar para civitas UM untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara makan – makanan yang bergizi dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuat cairan desinfektan berbahan dasar larutan pembersih lantai yang dan air besih dengan rasio 1:10. Setelah itu dapat digunakan dengan cara disemprotkan atau oleskan pada tempat yang sering disentuh, kemudian diusah pengan tisu kering dan diamkan selama 1 jam.

Kegiatan ini akan berlangsung hingga masa pencegahan berakhir yakni 1 April 2020. Kelak akan ada koordinasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini pasca masa pencegahan guna menghindari persebaran COVID-19 di UM hingga situasi menjadi kembali kondusif.

Pewarta : Rifdah Ananda Baharuddin – Internship Humas UM