image_pdf

Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) telah berhasil mengembangkan media pembelajaran Biologi Sel berbasis merdeka belajar kampus merdeka untuk mengikuti final Lomba Inovasi Digital Mahasiswa yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi.

Media hasil kolaborasi epik mahasiswa dari lintas jurusan ini tergabung dalam CS-tim yang diketuai oleh Jasmine Nurul Izza dari jurusan biologi, dengan anggota Zahra Firdaus sebagai research and material creator dari jurusan biologi, Moch. Dicky Novaldi sebagai developer dari Program Studi Game Animasi, dan Tubagus Nurulloh sebagai desainer dari jurusan Seni dan Desain.

CS Team

Media dengan nama Cell Space ini tercipta dengan latar belakang kondisi pandemi yang menyebabkan mahasiswa penempuh mata kuliah biologi sel dari berbagai universitas tidak mampu merepresentasikan struktur sel danhanya melihat objek sel berupa gambar pada ebook, video, dan ppt.

Cell Space adalah branding dari produk Cell Study Place yaitu media pembelajaran triplerepresentatif berbasis Website sebagai langkah digitalisasi sistem pembelajaran Biologi Sel yang dikembangkan dengan menggunakan metode research and development.

Tampilan beranda Cell Space

Keunggulan Cell Space

Cell space berupa e-flipbook berbasis website yang dapat mengkoneksikan mahasiswa dan dosen se-Indonesia dalam ruang belajar biologi sel. Selain memberikan representasi ganda objek sel melalui augmented reality, cell space juga menampilkan video virtual reality 360˚.

Adanya Cell Space diharapkan mampu meningkatkan literasi teknologi dan hasil belajar kognitif siswa, dengan masifnya penggunaan teknologi saat mengoperasikan dalam web dan aplikasi. Selain itu juga untuk peningkatan hasil belajar yang diperoleh melalui ruang diskusi yang mempertemukan mahasiswa dan dosen berbagai universitas.

Selain memiliki keunggulan fitur yang user friendly, materi dan media telah tervalidasi oleh ahli, fitur simpan materi, dan fitur report untuk menghindari pelanggaran SARA, dan lainnya.

Kehadiran Cell Space mampu mengintegrasikan pembelajaran sesuai kurikulum serta mendukung tercapainya kompetensi abad 21 yakni 4C: Critical thinking, Communication, Collaboration, Creativity dalam rangka kampus merdeka belajar.

Kontributor Penulis: Jasmine Nurul Izza – Pendidikan Biologi FMIPA