image_pdf

Malang. Kontingen dari berbagai universitas se-Jawa Timur menghadiri pembukaan seleksi daerah (Selekda) yang diadakan oleh Badan Pembina Olahraga (BAPOMI) untuk mempersiapkan kontingen Jawa Timur di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke XVI di Jakarta. Kepemimpinan Bapomi Jatim yang saat ini berada dibawah kordinasi Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Selekda yang akan dilaksanakan selama satu pekan dimulai tanggal 24 hingga 30 Juni 2019. Pembukaan selekda dilaksanakan di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya pada Senin (24/06) ditandai dengan pemukulan gong oleh Rektor UB dan sekretaris Bapomi Jatim, Dra. Sulistyorini, M.Pd. yang berasal dari UM.

Selekda ini, jelas Sulistyorini, mengadakan 22 cabang olahraga yang dipertandingkan. Namun, ada empat cabang yang dieksekusi saat POMNAS di Jakarta nanti. Pelaksanaan Selekda Jatim diagendakan di beberapa kota yaitu Kota Malang, Kediri, Jember, Surabaya, Madiun, Bojonegoro dan Bangkalan. “Cabang Karate diikuti oleh 109 atlet dari 17 Perguruan Tinggi, Bulu Tangkis diikuti 53 atlet dari 10 Perguruan Tinggi dan Pencaksilat yang akan dilaksanakan di Universitas Merdeka Malang (Unmer) diikuti 160 atlet dari 23 Perguruan Tinggi,” rincinya di akhir sambutan.

Sebelum pemukulan gong, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, M.S. menyampaikan sambutannya dan membuka acara tersebut secara resmi. “Tujuan asal penyelenggaraan pertandingan olahraga adalah untuk menjalin persaudaraan dan menciptakan perdamaian. Oleh karena itu, saya berharap kita bisa menciptakan perdamaian dan persaudaraan antar universitas di Jawa Timur,” ujarnya.

Pewarta            : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto    : Nuri Riskian – Internship Humas UM