image_pdf

Rektor UM Prof. AH. Rofi’uddin. M. Pd saat menyapa Mahasiswa Baru UM 2020

Malang. Kegiatan Pengenalan Kehidupan Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2020 di Universitas Negeri Malang (UM) berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya seluruh rangkaian PKKMB yang dilaksanakan pada 21-24 September 2020 itu, dilaksanakan secara daring asinkron melalui website https:/pkkmb.um.ac.id/. Peserta PKKMB tahun ini adalah seluruh mahasiswa baru mulai Diploma-3, Sarjana, Magister, Doktor, dan mahasiswa lama yang belum mengikuti PKKMB.

Meskipun begitu, pengambilan keputusan PKKMB daring asinkron yang dilakukan oleh UM ini adalah keputusan yang tepat. Terbukti di hari pertama yang berjalan efektif karena sekitar 7.000 mahasiswa baru bisa mengakses semua materi dan server tidak mengalami down. Ketua Pelaksana PKKMB 2020 UM Dr. Adi Atmoko, M. Si mengungkapkan bahwa esensi dari PKKMB adalah agar para mahasiswa memiliki kesadaran dalam berbangsa dan bernegara, dan bisa  cepat beradaptasi dengan kehidupan akademik maupun cara belajar dan sistem perkuliahan di UM.“untuk mencapai tujuan itu, kami sudah menyiapkan materi dengan tiga tingkatan yaitu tingkat universitas, fakultas, dan jurusan” ungkapnya.

Medikbud Nadiem Anwar Makarim, B. A., M.B.A. menyapa mahasiswa UM

Dalam sambutannya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, B.A, M.B.A menyampaikan bahwa pandemi ini juga mengajarkan kita banyak hal. Kondisi ini diharapkan dapat memicu kreativitas daan inovasi semua pihak, metode pembelajaran berbasis teknologi termasuk pembelajaran daring menjadi suatu hal yang harus kita adaptasikan dan terus kembangkan. “adik-adik mahasiswa yang saya banggakan, pendidikan adalah kunci solusi atas krisis pembelajaran dan berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa, mahasiswa diharapkan menjadi agen perubahan dan penggerak” ujarnya.

Ketua Pelaksana PKKMB 2020 UM Dr. Adi Atmoko, M. Si saat menyampaikan sambutan

Sementara itu, Rektor UM Prof. AH. Rofi’uddin. M. Pd menyambut dan memotivasi mahasiswa baru untuk bersabar menghadapi pandemi dan tetap semangat belajar.“di tahun yang spesial ini, dalam masa pandemi Covid-19 walaupun kita tidak bisa berjumpa langsung secara fisik di kampus tercinta, tidak mengurangi makna anda semua untuk terus belajar dan berkarya” ungkap salah satu guru besar Fakultas Sastra ini. “selamat sekali lagi selamat! Anda menjadi bagian dari Civitas Akademika Universitas Negeri Malang yang memiliki akresitasi A, dan termasuk klaster 1 perguruan tinggi terbaik di Indonesia” tandasnya.

Pewarta           : Arya Wahyu Pratama            -Internship Humas UM