image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) patut berbangga atas capaian yang diraih oleh mahasiswanya. Pasalnya, delegasi UM sebanyak 4 tim berhasil memanenkan masing-masing 1 Gold, 1 Silver, 1 Bronze dan 1 Best Poster pada gelaran Young Scientist International Seminar and Expo di Universitas Brawijaya (UB) pada 25 Juni 2019. Ke empat tim ini terdiri dari Fikri Syahir Robi (FMIPA), Diani Feralia Rahmadani (FMIPA), Risky Kristyanto (FT), Fauzi Andi Finzaqi (FT) yang berhasil mendapat gold pada kategori Public Policy, Sayyidati Fatimah Az-Zahroh (FMIPA), Zahid Zufar At Thaariq (FIP), Chania M. Widyasari (FS), Risma Chulashotud Diana (FIP), Muhammad Syifa’ul Qolbi (FIP) yang berhasil memperoleh silver pada kategori Society Empowerment, Laksamana Fadian Zuhad Ramadhan (FS), Sofia Ari Murti (FS), Austin Fascal Iskandar (FT), Adi Tri Wicaksono (FMIPA), Dani Prasetiyo (FT) yang berhasil mendapatkan bronze pada kategori Society Empowerment dan Deni Ainur Rokhim (FMIPA), Hilda Rizky Akmalia (FMIPA), Laila Nur Alfiah (FMIPA), Intan Ayu Idha Wulandari (FMIPA) dan Permata Windra Daesmara (FMIPA) yang mendapat best poster. Tema yang diusung adalah “Young Scientist contribution through innovation of science and technology in response to SDG’s 2030

Pada kegiatannya diawali dengan seminar dari pemateri, lalu dilanjutkan dengan presentasi paper bagi yang mengikuti seminar event. Keesokan paginya, tiap tim memamerkan produknya melalui kegiatan expo yang diselenggarakan. Pada malam harinya dilanjutkan dengan penganugerahan penghargaan dengan mengambil 1 gold, 1 silver, 1 bronze, best poster, best presentation dan best paper pada masing-masing kategori subtema.

Hasil ini patut menjadi kebanggaan bagi civitas akademika UM mengingat kompetisi ini merupakan ajang yang mempertemukan universitas-universitas ternama, khususnya Universitas Brawijaya selaku tuan rumah yang sangat banyak mendelegasikan timnya untuk ajang ini. Kebanyakan yang mengikuti kompetisi ini merupakan mahasiswa-mahasiswa yang telah mendapatkan lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Kemenristekdikti.

Pada gelaran kompetisi ini, masing-masing tim delegasi UM yang mendapatkan penghargaan membawa karya-karya yang kompetitif. Tim delegasi yang mendapat gold menawarkan SCARSARING” (Smart Card Safety Riding), yaitu suatu alat yang berfungsi untuk menyeleksi antara pengemudi berlisensi dengan tidak. Tim delegasi yang mendapat Silver memamerkan ETHIC GAME (Ethnomathemathic Game), yaitu media pembelajaran matematika untuk mengenal budaya Indonesia. Terakhir, tim delegasi UM yang mendapat bronze menawarkan VOBOR, sebuah alat untuk pelatihan bagi TKI (Tenaga Kerja Indonesia).

Dengan berhasilnya 4 tim delegasi UM menyabet gelar-gelar yang bergengsi, diharapkan mampu meningkatkan motivasi berprestasi bagi mahasiswa-mahasiswa UM lainnya. Sehingga semakin banyak prestasi-prestasi yang dapat mengharumkan nama UM di kancah regional, nasional maupun internasional.

Pewarta oleh: Zahid Zufar At Thaariq, Mahasiswa Teknologi Pendidikan

Foto oleh: Muhammad Syifa’ul Qolbi, Mahasiswa Teknologi Pendidikan