image_pdf

Malang-Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Jerman, Departemen Bahasa Jerman Fakultas Sastra menyelenggarakan pelatihan penyusunan desain pembelajaran berbasis proyek kepada guru bahasa Jerman se-Malang Raya, Sabtu (03/09/2022). Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen bahasa Jerman yang diketuai oleh Wakil Dekan I FS UM, Dr. Primardiana Hermilia Wijayati, M.Pd., bersama Departemen Bahasa Jerman, yakni Dr. Edy Hidayat, S.Pd., M.Hum., dan Dr. Dewi Kartika Ardiyani, M.Pd. 

Pelatihan ini sebenarnya telah dimulai sejak bulan Juli 2022 lalu dan akan dilaksanakan secara kontinu hingga bulan November mendatang. Tema yang diangkat adalah “Pembelajaran Berbasis Proyek”. Pelatihan ini diharapkan mampu memberi bekal berupa pengetahuan dan keterampilan kepada guru bahasa Jerman dalam menghadapi era Merdeka Belajar pada satuan pendidikan. 

Pelatihan ini dilaksanakan secara luring di ruang sidang Fakultas Sastra. Kegiatan dimulai pukul 09.00 sampai 14.00 WIB dengan dihadiiri beberapa dosen Departemen Bahasa Jerman FS serta guru bahasa Jerman se-Malang Raya yang tergabung dalam asosiasi Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jerman.

Adapun materi yang diberikan mengarah pada level kebahasaan tingkat A1 dan A2. Peserta pelatihan diberi ilmu seputar pemanfaatan beberapa platform pembelajara digital, seperti Webquest, Vocaro, Padlet, serta beberapa media sosial, seperti Instagram dan TikTok. Video dan audio tentang tema Kennenlernen dalam pembelajaran bahasa Jerman juga ditayangkan sebagai salah satu contoh pembelajaran berbasis proyek. Selain itu, para guru juga diberi materi tentang cara membuat rubrik penilaian dan evaluasi. Di akhir sesi, Ibu Primardiana memberi tugas kepada para guru untuk mendesain suatu tugas proyek, menuliskannya dalam selembar kertas, dan mempresentasikan hasil kerja tersebut di hadapan seluruh peserta. 

Pelatihan ini dapat memberikan informasi aktual yang sangat berguna dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Jerman di beberapa sekolah di Malang Raya. Banyak pengalaman serta referensi baru yang diterima para guru sebagai bekal mereka dalam mentransfer ilmu pengetahuan di sekolah masing-masing. Dengan menciptakan pembelajaran berbasis proyek dan memanfaatkan platform digital, bahasa Jerman akan menjadi mata pelajaran yang menarik dan menyenangkan. Para guru juga tidak perlu lagi merasa kebingungan dalam membuat sebuah rubrik penilaian yang tepat. 

„Saya berharap pelatihan ini dapat memberikan penyegaran informasi dan membantu guru bahasa Jerman se-Malang Raya dalam menciptakan pelayanan pembelajaran yang baik,“ pungkas  Dr. Primardiana ketika memberikan sambutan.

Pewarta: Baiq Tsania Avi Salwa Issabella (Intern. HUMAS FS)