image_pdf

Kegiatan Desa Mitra merupakan salah satu program kerja yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Geografi “VOLCANO”. Kegiatan ini sebagai bentuk konkret atas pengabdian masyarakat dan pengaplikasian pembelajaran Geografi yang telah didapatkan di bangku perkuliahan oleh para mahasiswa. Pada tahun ini kegiatan Desa Mitra mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat Melalui Desa Wisata Untuk Meningkatkan Perekonomian Desa Maguan guna mengoptimalkan pengelolaan wisata dan memberikan pemahaman mengenai pentingnya digital marketing untuk sebuah media promosi suatu sektor wisata.

Desa Mitra dibagi menjadi dua rangkaian acara, yaitu pra acara dan acara puncak. Untuk kegiatan pra acara panitia sudah melakukan sejak H-2 Minggu sebelum acara dengan agenda panitia dengan dibantu masyarakat Desa Maguan melakukan pengambilan video daerah wisata desa untuk dijadikan bahan dokumentasi pembuatan profil video tentang desa wisata Maguan.  Selain itu juga dilakukan pemasangan hiasan di gapura masuk wisata Umbulan. 

Acara Puncak dilaksanakan pada  Sabtu (28/05/2022) yang dihadiri oleh 25 orang masyarakat desa Maguan, anggota Pokdarwis dan perangkat Desa setempat yang diwakilkan oleh Sekretaris Desa Maguan. Acara dimulai pada pukul 13.30 dengan pembukaan master ceremony dari anggota Himpunan Departemen Geografi yakni Ihdina Rifkanisa, dan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh saudara Mia Ayu sebagai Dirigen. 

Oktaviano Praditiya Purwanto sebagai ketua pelaksana Desa Mitra 2022 dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan dan bantuan dari berbagai pihak sehingga panitia dapat melaksanakan kegiatan Desa Mitra 2022 ini dengan baik dan lancar. Hal senada juga disampaikan oleh Robby Erdi sebagai Ketua Umum HMD Geografi “VOLCANO” 2022. Sambutan terakhir sekaligus pembukaan disampaikan oleh Bapak Kup Lelono Setyo selaku Sekretaris Desa Maguan, dimana juga dilanjutkan dengan penyerahan papan nama serta menampilkan video profil yang sudah panitia dengan bantuan masyarakat desa Maguan buat sebelumnya.

Acara ini mengundang pemateri dari Dinas Pariwisata yaitu Ratna Chandra. J, SST.Par., dan Almira Farida Fadhlillah, A.Md., yang menjelaskan tentang “Optimalisasi Penggunaan Media Sosial untuk Mengembangkan Destinasi Wisata”. Penyampaian yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata sangat informatif dan mudah dipahami oleh masyarakat Desa Maguan. luaran yang dihasilkan dari Desa Mitra 2022 adalah pembuatan hiasan gapura dari botol bekas dan pembuatan papan nama serta pembuatan video profil yang nantinya akan diposting di media sosial Wisata Umbul Waru, desa Maguan, kecamatan Ngajum.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.