image_pdf

Malang. Merespon keadaan masyarakat yang sedang dilanda pandemi Covid-19 dan masyarakat yang menghadapi tatanan dunia baru, Dharma Wanita Persatuan Universitas Negeri Malang (UM) yang bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi , Fakultas Ilmu Sosial , dan Komunitas Ibu Cerdas Indonesia sukses menggelar Seminar Nasional dengan mengusung tema “Kebangkitan Ekonomi di Tangan Wanita Tangguh di Era New Normal”.

Seminar Nasional pada Kamis (9/12) tersebut diselenggarakan secara daring maupun luring dalam memperingati hari Ibu dan hari ulang tahun Dharma Wanita Persatuan ke 22thn. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan yang luas kepada ibu-ibu seluruh Indonesia khususnya ibu-ibu anggota Dharma Wanita Persatuan UM tentang pentingnya kecerdasan dan kreativitas para ibu di masa sulit akibat pandemi serta menghadapi era new normal sehingga diharapkan para ibu seluruh anggota Dharma Wanita Persatuan UM khususnya, tidak terpuruk oleh keadaan melainkan dapat bangkit, kuat, dan tangguh. 

Pada kegiatan seminar tersebut turut dihadirkan narasumber handal diantaranya Ibu Ratih Sanggarwati selaku Ketua Komunitas Ibu Cerdas Indonesia, Ibu Ikke Nurjanah selaku Dirut PT.Suara Gemilang, dan Ibu Puji Handayati selaku Ketua IAI Komisariat Malang Raya. Selain itu juga turut hadir ibu-ibu keluarga besar Dharma Wanita Persatuan UM, ibu-ibu dari Komunitas Ibu Cerdas Indonesia, yang mana secara keseluruhan tamu undangan yang hadir secara luring berjumlah 100 orang, dan secara daring berjumlah 170 orang.

Ibu Farida Rofi’udin selaku ketua Dharma Wanita Persatuan UM dalam sambutannya menjelaskan bahwa perempuan memiliki peran penting dalam perkembangan perekonomian di Indonesia mulai skala terkecil dari rumah tangga hingga perusahaan-perusahaan di bidang ekonomi dalam skala besar. Perempuan mampu menjadi sosok penyelamat keluarga dengan menciptakan ruang usaha dengan kreativitas-kreativitas barunya. “Melalui kegiatan seminar ini diharapkan terjalinnya silaturahmi yang erat antara anggota Dharma Wanita Persatuan Universitas Negeri Malang serta memberi wawasan baru tentang betapa besar peranan wanita dalam membangkitkan ekonomi di era new normal” ujarnya.

Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. selaku Rektor UM dalam sambutannya juga mengungkap bahwa tema kegiatan seminar tersebut sangat menarik, mengingat memang wanita menjadi pondasi untuk kebangkitan ekonomi bahkan kesuksesan dalam berbagai hal. “Acara ini semoga juga menjadi jembatan untuk menuju ke arah yang lebih baik, khususnya bagi kiprah dan peran Dharma Wanita Persatuan Universitas Negeri Malang” ungkapnya.

Pada acara selanjutnya yakni kegiatan inti seminar yang dipandu oleh Ibu Farida Rofi’udin yang mana secara bergantian para narasumber memberikan materi bahkan sharing ketika survive di masa pandemi Covid-19. Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab, dengan penuh harapan semoga acara Seminar Nasional ini dapat bermanfaat bagi seluruh ibu-ibu yang hadir baik secara daring maupun luring.

Pewarta           : RIZKA PUTRIANA — Internship Humas UM