image_pdf
Tim Dinsos Kota Malang berbincang dengan Wakil Rektor III UM

Malang. Dinas Sosial Kota Malang pada Senin (27/01) mengunjungi Universitas Negeri Malang (UM) untuk mengadakan kerja sama perihal kegiatan pemasyarakatan penyandang disabilitas yang akan diselenggarakan pada tanggal 8 Maret mendatang di jalan Ijen kota Malang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk semakin menyadarkan masyarakat akan pentingnya kepedulian terhadap penyandang disabilitas, karena saat ini masih banyak masyarakat yang belum care atau peduli terhadap mereka. Nantinya kegiatan pemasyarakatan ini akan dihadiri setidaknya 500 orang penyandang disabilitas dari berbagai komunitas di Kota Malang.

Dinas Sosial dalam hal ini menggaet UKM Gempita dan Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB) Universitas Negeri Malang (UM). Gempita merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak di bidang kepedulian terhadap penyandang disabilitas dan inklusi. Menurut salah satu tokoh dinas sosial, Titing, kegiatan ini membutuhkan banyak tenaga, maka dari itu diharapkan dari kerjasama ini, UKM Gempita dapat memberikan bantuan berupa personil, “Saat ini baru ada 1-2 mahasiswa yang mau ikut membantu, di harapkan dengan adanya kerja sama ini UKM Gempita dapat memberikan bantuan berupa personil sehingga nantinya kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Maret nanti dapat berjalan lancar,” ujarnya.

Wakil Rektor III UM dan Tim Dinsos Kota Malang berfoto bersama

“Mahasiswa yang saya ajak nantinya juga akan saya briefing dan jelaskan tentang ragam penyandang disabilitas, cara penanganannya dan juga cara berkomunikasi dengan mereka satu minggu sebelum pelaksanaan acara,” lanjutnya.

Kerjasama antara Dinas Sosial dan UM dalam kegiatan pemasyarakatan penyandang disabilitas ini juga di setujui langsung oleh Dr. Mu’arifin, M.Pd selaku Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang, “Saya sangat mendukung kegiatan ini, kami sangat senang. Lebih baik adakan kerja sama secara formal sehingga nanti semua programnya itu berjalan lancar dan sesuai prosedur,” ujarnya.

“Saya pikir kegiatan ini nantinya dapat menjadi laboratorium jika dilihat dari kacamata prodi Pendidikan Luar Biasa dan juga dapat menjadi sarana latihan bagi anak-anak UKM Gempita itu sendiri. Sehingga anak-anak bisa terlihat di luar juga bukan sekedar di dalam lingkungan kampus saja,” pungkasnya.

Pewarta           : Muhammad Zaid Al Khoir – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Riki Pratama – Internship Humas UM