image_pdf
Pemenang Raka Raki Jatim 2020 Berfoto Bersama Gubernur Jatim

Malang- Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh salah satu mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) dari Jurusan  Sastra Jerman. Gloria Vincentia Riyadi yang berhasil dinobatkan sebagai Raki Jawa Timur 2020 dalam ajang Pemilihan Raka Raki Jawa Timur 2020. Pemilihan yang diadakan di Pandaan, Pasuruan membuat Glo sapaan akrab mahasiswa asal Malang tersebut tiada berhenti mengucapkan syukur atas terpilihnya dia sebagai Raki Jatim 2020, (7/3).

Mahasiswa semester 6 di UM ini tidak hanya berhasil mengharumkan nama universitas saja, melainkan juga mengharumkan nama Kabupaten Malang. Penobatan Glo sebagai Raki Jatim 2020 disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa dan tidak ketinggalan juga turut hadir Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Dr. Made Arya Wedhantara, S.H., M.Si.

Pemenang Raka dan Raki Jawa Timur 2020

Gloria yang merupakan Roro Malang 2018 dan sekaligus Puteri Batik Nusantara 2018 ini mengungkapkan perjuangannya pada saat mengikuti proses pemilihan Raka Raki Jatim 2020 penuh rasa suka dan duka. “Proses persiapan yang sangat penuh tangisan dan darah ya, (seraya tertawa mengingat perjuangannya) karena tidak mudah. Dipersiapkan mentor-mentor dan teknis yang tidak sedikit” Ungkap mahasiswa kelahiran 1999 itu.

Detik-Detik Penobatan Raka Raki Jawa Timur 2020

Mahasiswa pemilik senyum manis itu mengungkapkan keinginan mulianya yang ingin menyuarakan ekowisata, wisata berkelanjutan dan ramah lingkungan. Dimana ekowisata ini memiliki konsep pengertian sejarah, kriteria atau prinsip tersendiri dibandingkan wisata konvensional. Tidak hanya itu saja, Glo juga berpendapat bahwasanya di lingkungan kampus juga harus dibangun kesadaran mengenai hal ramah lingkungan dan sebagainya.

Selain menjadi wakil Kabupaten Malang pada pemilihan Raka Raki Jatim 2020, mahasiswa yang pernah menjadi salah satu Duta Ambasador UM ini menginginkan menjadi ujung tombak untuk menunjang kepariwisataan. “Selain menjadi wakil Kabupaten Malang, Saya ingin jadi ujung tombak secara langsung untuk menunjang kepariwisataan” Ungkapnya. 

Bersanding dengan Muhammad Abizar Yusro sebagai  Raka Jatim 2020, saat ini Glo bercita-cita untuk dapat menjadi perwakilan Jawa Timur dalam Duta Wisata Indonesia. “Cita-cita saya untuk tahun ini bisa mewakili Jawa Timur dalam Duta Wisata Indonesia” Terangnya kepada Internship Humas UM.

Pewarta           : Salsabila Indana Zulfa-Internship Humas UM