image_pdf

Malang. Menyambut Dies Natalis ke-7, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang kembali menyelenggarakan kegiatan sosial berupa donor darah di Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) pada Senin (4/3) di Gedung I4 FIS ruang 101, mulai pukul 08.00 pagi.

Panitia pelaksana dari HMPS PIPS mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari penyambutan Dies Natalis Prodi PIPS yang ke-7. Sebelum kegiatan ini juga telah dilaksanakan lomba futsal antar offering dan angkatan. Puncak dari rangkaian Dies Natalis Prodi IPS ini nantinya dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2019 dengan acara final lomba-lomba dan pemotongan tumpeng.

“Kegiatan donor darah ini juga banyak peminatnya, terbukti dari jurusan dan fakultas lain juga hadir dalam kegiatan ini. Selain itu juga darah dibutuhkan untuk PMI sebagai stok darah agar tidak kehabisan dan yang terpenting donor darah itu penting bagi kesehatan kita,” ujarnya.

Bapak Fuad selaku Staf Teknik Medis di kegiatan tersebut memaparkan bahwa sebelum donor darah, pendonor wajib mengisi formulir terlebih dahulu, kemudiam mengisi riwayat kesehatan dan selanjutnya akan dilakukan cek kesehatan untuk memastikan bahwa darah yang akan didistribusikan ke rumah sakit benar-benar aman.

“Donor itu sehat, tidak mengurangi apapun. Semua sama-sama sehat, kita yang memberi juga sehat dan yang membutuhkan juga akan sehat. Banyak manfaat dari donor darah ini terlebih lagi jika donor darah seperti kegiatan ini juga gratis dan donor darah bukanlah hal yang perlu ditakuti,” tutupnya.

Pewarta : Riki Pratama – Internship Humas UM

Pewarta foto : Ulya Aziza Fitria – Internship Humas UM