image_pdf

Malang- Universitas Negeri Malang (UM) bukan hanya menjadi universitas pendidikan yang memiliki teknologi unggul, namun UM juga kerapkali meramaikan kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh pemerintahan Kota Malang, seperti pawai kendaraan hias. Pawai kendaraan hias yang merupakan bentuk perayaan kemerdekaan Indonesia di kota Malang ini diikuti oleh 107 peserta dari berbagai kalangan serta diadakan di Balai Kota Malang dan berakhir di depan Perpustakaan Kota Malang. Kali ini UM tidak hanya berpartisipasi dalam perlombaan kendaraan hias tersebut, namun UM juga menjadi salah satu pengisi acara pada, Minggu (25/8). Tarian garuda cakra yudha yang dipersembahkan oleh mahasiswa Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) UM ini mengawali perhelatan pawai kendaraan hias yang dibuka langsung oleh Wali Kota Malang.

Tidak hanya itu saja, PSTM UM juga turut menampilkan lagu-lagu yang berbau kemerdekaan pada acara tersebut. Hal ini membuktikan bahwa PSTM UM memiliki mahasiswa yang bertalenta tinggi. Selain itu, UM juga sebagai salah satu pserta dari pawai kendaraan hias 2019. Kendaraan hias UM yang berdesain tugu malang ini merupakan harapan dari UM agar Malang tetap menjadi kota yang dapat menjaga kelestarian budaya yang ada di Malang serta menampilkan tarian topeng malangan yang dipersembahkan oleh Paguyuban Duta Kampus (Paduka) UM.

Pada acara itu UM juga memperkenalkan mobil listrik karya dari mahasiswa Fakultas Teknik UM. Mobil listrik yang turut diperkenalkan pada siang hari itu mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari Wali Kota Malang Drs. Sutiaji dan Wakil Wali Kota Malang Ir. Sofyan Edi Jarwoko. Beliau menyempatkan untuk mencoba berkendara dengan mobil listrik buatan mahasiswa FT UM itu. “Barangkali nanti mobil ini dapat dikemas menjadi kendaraan untuk pariwisata di kota Malang ini. Semoga sukses!”, ujar Wali Kota Malang, Drs. Sutiaji sembari kembali ke podium.

Tidak hanya itu saja, ungkapan kebanggan dari salah satu anggota Paduka UM, M. Galih Satrio Wicaksono yang mengatakan hal ini merupakan suatu kehormatan baginya bisa tampil di depan Wali Kota Malang sebagai perwakilan UM.

Pewarta           : Salsabila Indana Zulfa – Internship Humas UM