image_pdf
Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd.

Malang. Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) menjalani visitasi akreditasi internasional AQAS yang dilaksanakan selama empat hari yang berlangsung mulai 7 – 10 Desember 2021. Visitasi dilaksanakan secara daring melalui laman Zoom Meeting dengan dewan panelis dan narasumber dari pihak Fakultas Ilmu Sosial yang berbeda setiap harinya.  

FIS UM pada kali ini mengirimkan empat program studi untuk mendapatkan akreditasi AQAS. Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd., selaku Dekan sekaligus Koordinator Akreditas AQAS FIS UM yang ditemui pada Jumat (10/12) menyatakan bahwa waktu persiapan berkas sudah dimulai sejak awal November 2020, dan dikirimkan ke pihak AQAS pada Mei 2021. Waktu penyusunan yang pendek dengan pengerjaan yang maksimal membuat FIS optimis mampu meng-upgrade akreditasi Nasional menjadi Internasional.

Dekan FIS UM, Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd., sebagai Koordinator Akreditas AQAS FIS UM

“Persiapan yang dilakukan adalah penyiapan sekaligus penulisan Self Evaluation Report (SER) yang terdiri dari 7 kriteria sesuai dengan standart AQAS. Untuk persiapan berkas kurang lebih 6 bulan, namun sampai dengan proses visitasi kurang lebih memakan waktu 1 tahun. Kriterianya yang diberikan oleh AQAS sangat comprehensive. Mulai dari kajian kurikulum, penjaminan mutu, teaching and learning, kemahasiswaan, pengembangan staf sampai dengan sarana dan prasarana yg menunjang proses pembelajaran. Selama penyusunan dan persiapan tidak menemukan kendala. Semua proses tersebut hingga visitasi berjalan lancar karena sumbangsih dari semua pihak, khusunya pihak SPM yang mengawal proses ini,” ujar Dekan.

Suasana visitasi akreditasi internasional AQAS FIS UM

Kegiatan visitasi yang berlangsung selama lima hari memiliki banyak topik bahasan yang terbagi ke dalam beberapa sesi diantarnya, 

Hari Pertama : Pertemuan dengan Rektorat , pimpinan fakultas,  pewakilan dari keempat prodi, serta sesi visitasi dosen sosiologi.
Hari Kedua: Sesi dosen Pendidikan Sejarah, sesi mahasiswa dan alumni keempat prodi, serta sesi penayangan video sarana dan prasarana fakuktas dan prodi.
Hari Ketiga: Sesi dosen S1 Geografi, dosen S3 Pendidikan Geografi, dan sesi dengan mitra keempat prodi.
Hari Keempat : Closing ceremony yang dihadiri oleh rektorat, dekanat dan prodi.

Pewarta : Rifdah Ananda – Internship Humas UM