image_pdf
Dekan FIP Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M. Pd. saat konferensi pers FIP JIP

Malang. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM) tahun ini menjadi tuan rumah penyelenggara temu karya forum pertemuan ilmiah dua tahunan Fakultas Ilmu Pendidikan-Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP-JIP) se-Indonesia. Forum ini diselenggarakan dalam rangka mempererat kerjasama dan komunikasi FIP dan jurusan kependidikan di perguruan tinggi kependidikan se-Indonesia yang utamanya terkait dengan upaya pengembangan kualitas pendidikan calon guru di Indonesia. Kegiatan FIP JIP akan berlangsung  selama lima hari (2-5/10) di The Singasari Resort & Convention Batu dengan mengusung tema “Reorientation of Education in the Era of Industrial Revolution 4.0 in Nation Development”.

Acara FIP JIP 2019 ini akan dibuka oleh Rektor UM, Prof. Dr. H. Ah. Rofiuddin, M. Pd. dan turut menghadirkan narasumber dalam acara International Conference (ICET) diantaranya Prof. Margaret Grogan, Ph. D. (Dean of Attallah Collage of Educational Studies, Chapman University, USA), Prof. Rohaida Mohd Saat, Ph. D (Dean of Faculty of Education, University of Malaya, Malaysia), Mr. Harri Lappainen (Practitioner/Senior Advisor Turku University of Applied Sciences, Finland) dan Burhanuddin, M. Ed., Ph. D (Assoc. Professor, Universitas Negeri Malang).

Suasana Konferensi Pers pelaksanaan FIP JIP

Pelaksanaan FIP JIP sendiri diikuti oleh 12 LPTK sebagaimana dijelaskan oleh Dekan FIP Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M. Pd. “Kegiatan FIP JIP didukung oleh 12 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) negeri penghasil calon guru yakni UNNES, UNY, UPI, UM, Unesa, Unimed, UNG, UNM, Undhiksha, UNP, Unima, UNJ, dan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia,” jelasnya.

Perwakilan dari LPTK dan FKIP negeri maupun swasta tersebut akan mengikuti serangkaian acara FIP JIP mulai dari kegiatan panca lomba/olimpiade mahasiswa nasional yang terdiri dari 1) Lomba inovasi pendidikan dan pembelajaran, 2) Lomba penelitian bidang pendidikan, 3) Lomba penulisan Artikel Ilmiah (AI) dan Gagasan Tertulis (GT) pendidikan, 4) Lomba karya kreasi seni dan 5) Lomba website BEM-Senat Fakultas. Di hari kedua dilanjutkan acara ICET dan acara penutupan sekaligus pengumuman pemenang lomba dan pemberian anugrah kepada dosen berpestasi.

Wartawan RRI dan Wartawan Swara Pendidikan mendengarkan penjelasan Dekan FIP UM

Lanjutnya Dekan FIP menyampaikan bahwa mahasiswa harus mempunyai kompetensi yang terkait tuntutan, “Kompetensi yang diharapkan terkait dengan tuntutan yaitu bisa menyangkut penguasaan bidang yang dipelajari, diharapkan punya kreativitas, kritis, kreatif, mampu bekomunikasi dan harus bisa melek literasi terhadap teknologi. Selain itu juga mampu berkolaborasi, yang utama terkait kepribadian atau personal yang baik serta mampu berpikir global, berjiwa nasional.” jelasnya

Pewarta           : Riska Febrianti – Internship Humas UM