image_pdf

Banjarmasin- Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM) dan Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berkolaborasi bersama untuk meningkatkan kualitas unggul bidang ilmu pendidikan, Senin, 25 Juli 2022. Komitmen ini  peningkatan pendidikan Program Sarjana (S1), magister (S2) maupun doktor (S3). 


Kerja sama tersebut tidak hanya pada tataran fakultas dan pascasarjana namun sampai jurusan dan program studi agar menjadi program yang dapat diimplementasikan.

“Beberapa hal yang menjadi fokus dalam kerja sama ini anataralain; pertukaran mahasiswa, penelitian bersama maupun pengembangan kelembagaan masing-masing institusi,” jelas Dekan FIP UM, Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd.


lebih lanjut, Guru Besar FIP UM ini menyampaikan bahwa perjanjian kerja sama ini tidak ingin hanya seremonial namun ada rencana aksi yang segera direalisasikan,” katanya.

Sementara itu Direktur Pascasarjana ULM, Prof. Drs. A. Suriansyah, M.Pd., Ph.D. mengatakan beberapa topik untuk riset bersama segera dilaksanakan. Produk karya ilmiah yang dihasilkan nantinya diupayakan bisa tembus di jurnal internasional bereputasi yang diakui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Selain pengembangan tri dharma perguruan tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Prof. Drs. A. Suriansyah, M.Pd., Ph.D ingin pihaknya mengimplementasikan visiting profesor dan visiting lektor, di samping pertukaran mahasiswa dan lainnya bersama UM.

“Suatu kebanggaan bagi ULM bisa berkolaborasi dengan UM sebagai perguruan tinggi terbaik di bidang ilmu pendidikan yang masuk 10 besar nasional. Kita ingin mencapai akreditasi unggul pada setiap program studi sebagaimana yang telah sukses diraih UM. Pada akhirnya indikator kinerja utama (IKU) universitas di ULM juga meningkat sebagai ukuran kampus maju,” ujarnya

Kegiatan penandatanganan kerja sama ini dilaksanakan di gedung Pascasarjana ULM di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pewarta : Komariyah