image_pdf
Suasana visitasi ASIIN di Ruang Sidang Senat UM, Graha Rektorat Lantai 9 UM

Malang. Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang (UM) mendapatkan akreditasi Internasional dari lembaga ASIIN pada 6 Oktober 2021. Kegiatan visitasi dilaksanakan mulai bulan Juni yang diawali oleh 4 prodi dari Fakultas MIPA (FMIPA) yakni S1 Matematika, S1 Pendidikan Matematika, S1 Fisika, dan S1 Pendidikan Fisika. ASIIN yang merupakan lembaga akreditor asal Jerman yang berfokus pada displin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, biologi. Kegiatan rapat dan press conference yang dilaksanakan pada Jum’at (08/10) di Ruang Dekan Fakultas MIPA membahas tentang langkas selanjutnya yang ingin dicapai FMIPA setelah mendapatkan akreditasi Internasional. 

“Kami sedang dalam usaha berkonsultasi mengajukan beberapa prodi dari S2 untuk maju ke akreditasi internasional dengan pihak universitas. Kami harapkan program S1 dan S2 bisa terakreditasi secara internasional, sehingga lulusan kami tidak sulit dalam bersaing di dunia kerja baik dalam sklana nasional maupun internasional. Selain itu juga, kami harapkan dengan adanya akreditasi ASIIN membuat daya tarik kami semakin baik, sehingga banyak yang berminat untuk mejadi mahasiswa baru dari FMIPA UM,” jelas Dekan FMIPA UM, Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si 

Proses pemberkasan dan persiapan yang dilakukan oleh FMIPA tergolong lancar dan tidak menemukan kesulitan yang berarti. Hal tersebut dikarenakan pemenuhan indikator kriteria yang diberikan oleh ASIIN sudah menjadi makanan sehari-hari bagi jajaran tim FMIPA. Baik dari kegiatan belajar dan mengajar, fasilitas sarana pra-sarana, dan administrasi yang sudah memenuhi standar ASIIN. Kedepannya akan ada 5 prodi tambahan yang akan menjalani visitasi yakni S1 Biologi, S1 Pendidikan Biologi, S1 Kimia, S1 Pendidikan Kimia, dan S1 Pendidikan IPA. 

Dekanat FMIPA UM

Pewarta : Rifdah Ananda – Internship Humas