image_pdf
Wakil Dekan I FMIPA UM Dr. Sisworo, S.Pd, M.Si memberikan materi awal sosialisasi

Malang. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan Penerimaan dan Orientasi Mahasiswa Baru Program Pascasarjana pada Kamis (12/3) di Aula FMIPA UM Gedung O1 lantai 2. Program ini merupakan kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan UM untuk program studi S2 Pendidikan Matematika yang terdiri dari 20 mahasiswa berlatar belakang guru PNS di Jawa Timur.

Penerimaan dan Orientasi Mahasiswa Baru resmi dibuka oleh Dekan FMIPA UM Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si sekaligus penyematan kalung name tag merah sebagai tanda pengenal mahasiswa jurusan matematika di lingkungan FMIPA. Prof. Hadi menyampaikan beberapa wejangan untuk bisa menyelesaikan perkuliahan tepat waktu serta mengikuti perkuliahan dengan baik. Komunikasi dan dialektika menjadi hal yang harus ditanamkan untuk mencapai kemudahan dalam proses perkuliahan. “Saya sangat menekankan kepada seluruh mahasiswa untuk lulus tepat waktu dengan 4 semester dan selalu berkomunikasi kepada teman sejawat dan dosen agar proses perkuliahan berjalan lancar”, jelasnya.

Prof Hadi juga menjelaskan bahwa FMIPA UM tidak hanya menjalankan pola perkuliahan dengan sisem pembelajaran namun adanya culture di FMIPA yang sangat menonjolkan penguatan konten dengan pola pembelajaran yang konstruktif. Perpaduan pembelajaran dan penguatan konten sangat dibutuhkan untuk mendukung tercapainya pola pendidikan yang baik di sekolah. Culture tersebut telah membawa nama FMIPA UM di mata perguruan tinggi berbasis LPTK maupun non-LPTK.

Dekan FMIPA UM Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si memberikan materi

Oleh sebab itu, mahasiswa FMIPA diharapkan senantiasa menggemakan culture tersebut selama proses perkuliahan. “Perguruan tinggi baik yang berbasis LPTK maupun non-LPTK sangat mengapresiasi dan angkat jempol dengan sistem di FMIPA UM. Hal ini ditandai bahwa beberapa hari yang lalu mahasiswa matematika berhasil sabet juara 5 olimpiade matematika tingkat nasional dan bersaing dengan kampus ternama”, jelasnya.  

Pengalungan name tag oleh Dekan FMIPA UM Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si

Wakil Dekan I FMIPA UM Dr. Sisworo, S.Pd, M.Si menjelaskan bahwa Kerjasama Pemprov Jawa Timur dengan UM merupakan beasiswa langka sehingga dibutuhkan keseriusan mahasiswa dalam mengikuti proses perkuliahan.

Foto bersama seluruh mahasiswa dengan pimpinan FMIPA

FMIPA UM sudah menjalankan program kuliah di luar negeri yang setara satu semester perkuliahan. Untuk menyongsong kegiatan tersebut, FMIPA UM memberikan wadah pelatihan kepada mahasiswa berupa pelatihan bahasa inggris, penulisan artikel, dan penulisan proposal penelitian. Hal ini dilakukan supaya mahasiswa sudah terbimbing sejak awal perkuliahan. Pembimbing yang sesuai bidang memudahkan mahasiswa memenuhi konteks instansi sehingga ilmunya juga bisa diterapkan pada pembelajaran di sekolah.

Pewarta : Siti Nuradilla – Internship Humas UM

Pewarta Foto : Humas UM