image_pdf

Malang. Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan Workshop Penulisan Artikel Jurnal pada Selasa (05/03) bertempat di Aula lantai 2 gedung O1 FMIPA UM. Acara yang dihadiri oleh 190 dosen FMIPA dari 5 jurusan, yaitu matematika, fisika, biologi, kimia, dan pendidikan IPA, serta 10 mahasiswa pascasarjana  ini, bertujuan untuk menyosialisasikan publikasi ilmiah yang menjadi target UM guna menunjang peningkatan rangking di klaster satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2019.

Kegiatan ini mendatangkan pemateri yang berasal dari Pusat Publikasi Akademik (PPA) Divisi Tim Percepatan Publikasi (TPP) Internasional yang diwakilkan oleh Bapak Hendra dan dari Pusat Publikasi Fakultas diwakilkan oleh Bapak Habiddin. Acara diawali dengan sosialisasi mengenai target pencapaian kerja UM pada tahun 2019 yang disampaikan oleh Dr. Hadi Suwono, M.Si selaku Dekan FMIPA.

“Banyak mahasiswa S2 itu yang menghasilkan perangkat pembelajaran, instrument tes, dan sebagainya itu tidak di HaKi-kan. Padahal, sebenarnya produk dari mahasiswa S2, S3, maupun S1 itu bisa di-HaKi-kan. Caranya kita buat yang sudah dilatihkan oleh LP2M kita buat laporannya, kemudian kita buat produknya, dan kita kirim ke LP2M untuk di-HaKi-kan. Kita kirim KTP dan tidak perlu membayar,” ungkapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari Bapak Habiddin dan Bapak Hendra mengenai cara penulisan artikel jurnal yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan secara gambling. Penjelasan mengenai struktur-struktur pada penulisan artikel ilmiah yang dibagi menjadi dua komponen yakni komponen dasar dan komponen utama, serta kesalahan-kesalahan yang seringkali muncul pada saat penulisan artikel jurnal juga turut dikupas tuntas.

Kegiatan berakhir dengan instruksi Hadi yang menyampaikan bahwa workshop akan diadakan kembali. “Dua minggu lagi akan diadakan workshop lagi dan diharapkan Bapak/Ibu sudah membawa paper masing-masing,” ujarnya.

Pewarta : Salsabila Indana – Internship Humas UM