image_pdf

Malang. Monica Widyaswari yang kerap disapa Monica ini merupakan salah satu mahasiswa S2 Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Negeri Malang (UM) yang memiliki segudang prestasi. Lahir di Pasuruan pada tanggal 31 Agustus 1995, ia menjadi sosok yang ceria dan penuh semangat dalam menggapai keinginannya. Bidang yang ditekuni saat ini adalah desain grafis (tata letak atau layout) dan kepenulisa ilmiah, berawal dari hobinya di bidang desain grafis, hal tersebut menjadikannya sebagai suatu hal yang ditekuninya. Motivasinya dalam menaklukan semua rintangan suatu hal yang ingin digapainya ialah “Menantang ketidakmungkinan untuk mewujudkan keserbamungkinan”. Dia juga menegaskan bahwa “Pertama karena suka dengan bidangnya, kalau suka buat mendalaminya jadi lebih maksimal. Di sisi lain peluangnya yang besar, terlebih di era milineal hampir seluruhnya bergerak di industri kreatif”, tuturnya

Ia mengawali pendidikanya di SDN Kebonsari Pasuruan, kemudian melanjutkannya ke SMPN 3 Pasuruan, dan menemukan bidang yang disenanginya di SMKN 1 Pasuruan dengan jurusan Kompotensi Program Multimedia. Kemudian memperoleh banyak pengalaman dan pengembangan softkill di bidang yang ia gemari ketika menuntut ilmu di UM tepatnya di Prodi S1 PLS. Selama menempuh S1 di UM peningkatan softkill-nya ditunjang dari kegiatannya yang menjadi layouter Majalah Komunikasi UM pada tahun 2015-2017 dan menjadi desainer visual cerdas Indonesia tahun 2015.

Pengalaman yang dimilikinya tidak lepas dari prestasi-prestasi yang telah dicapainya, antara lain layouter majalah komunikasi UM dalam Successor Gold and Silver majalah Komunikasi UM edition 307 Indonesia Student Print Media Award (ISMPRIMA) tahun 2017, Juara 1 setara Medali Emas dalam Presentasi pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional skema PKM-K dengan judul Rakai Langit: Inovasi Produk Buku Cerita Berbasis Program Augmented Reality dengan Tema dan Ilustrasi yang Mengangkat Nilai Kearifan Lokal, Juara 2 setara Medali Emas dalam Penyajian Poster pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional skema PKM-K dengan judul Rakai Langit: Inovasi Produk Buku Cerita Berbasis Program Augmented Reality dengan Tema dan Ilustrasi yang Mengangkat Nilai Kearifan Lokal.

Dia juga berpesan kepada mahasiswa UM lainnya “Selamat dan semangat berkarya sesuai bidang yang ditekuni. Manfaatkan waktu dan kesempatan di bangku kuliah dengan baik, minimal untuk mengukur potensi diri sendiri”, ujarnya.

Pewarta           : Salsabila Indana Zulfa – Internship Humas UM