image_pdf
Peserta didik TPA Melati DWP UM dalam sesi foto bersama

Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Pentas Ceria Tahun 2024 pada Kamis (04/07) bertempat di Tempat Penitipan Anak (TPA) Melati Dharma Wanita Persatuan UM itu sendiri. Acara ini mengusung tema “Menyemai Minat serta Menggali Potensi Anak Melalui Eksplorasi Seni dan Tarian Kreatif”. Acara ini dihadiri oleh Paguyuban TPA, Kepala TPA, Ketua Dharma Wanita Persatuan UM, Guru TPA, Wali Murid TPA, dan para murid di TPA tersebut. 

Acaara diawali dengan penyampaian sambutan-sambutan. Ketua Paguyuban TPA Melati DWP UM, Kartika Candra Kirana, S.Pd, M.Kom, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pentas ceria ini merupakan momen untuk mengamati perkembangan dari peserta didik. “Ini adalah hari di mana kita melihat bagaimana perkembangan anak-anak kita, dimana mereka dibentuk oleh peran orang tua dan kerja sama dari para ibu guru TPA Melati,” ujar Kartika.

Selanjutnya, sambutan disampaikan oleh Dra. Arida Atmawati Hariyono, Ketua Dharma Wanita Persatuan UM. Beliau menegaskan tujuan acara ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kreativitas para peserta didik. “Kami ingin memberikan penghargaan dan mendukung kreativitas anak-anak sesuai dengan penampilan ceria hari ini,” kata Dra. Arida.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Kepala TPA Melati DWP UM, Sri Hidayati S.Ag, S.Pd.,. Beliau menyampaikan, “Sejak tahun 2023 TPA Melati telah menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar, yang mengutamakan eksplorasi potensi anak-anak melalui bermain yang menyenangkan dan terarah, sambil tetap memperhatikan perkembangan sesuai dengan usia mereka”.

Sri juga dengan tulus mengucapkan terima kasih dan memohon maaf kepada orang tua serta seluruh anak-anak yang menjadi bagian dari TPA Melati.

“Terima kasih kepada Ayah dan Bunda atas kepercayaannya mengamanahkan, menitipkan putra-putrinya untuk kami bombing bersama di TPA Melati, bila ada khilaf dan salahnya kami segenap guru TPA Melati mohon maaf sebesar-besarnya,” ungkapnya.

Beliau juga menambahkan permintaan maaf kepada semua anak-anak yang menjadi anak didiknya di TPA Melati. “Untuk anandaku tercinta, maafkan kami apabila sebagai guru masih belum sempurna membersamai kalian dalam membimbing dan menerangkan. InsyaAllah ketidaksempurnaan kami adalah sebagai bahan intropeksi kami semuanya untuk lebih baik lagi,” tutur Kepala TPA tersebut. 

Acara Pentas Ceria ini dimeriahkan dengan penampilan tarian-tarian dari peserta didik seperti Tari Gembira (baby class), Tari Kelinci, Tari Dudidam, Tari Suwe Ora Jamu dan Tari Indang. Tidak hanya itu, Ibu Guru TPA juga turut menyumbangkan penampilan tarian mereka.

Setelah semua peserta mempersembahkan penampilan terbaiknya, acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada peserta didik oleh Guru Pengasuh, penyerahan kenang-kenangan kepada Guru Pengasuh oleh Komite Paguyuban dan diakhiri dengan doa serta sesi foto bersama. Acara ini tidak hanya menjadi momen membanggakan bagi para peserta didik TPA Melati DWP UM, tetapi juga menjadi bukti nyata dari komitmen TPA dalam memberikan pendidikan yang berorientasi pada pengembangan potensi dan kreativitas anak-anak.

Pewarta: Rimala Maulina – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM