image_pdf

Anggota Senat UM saat pembukaan Wisuda ke 101

Malang- Dilaksanakan di Graha Cakrawala, gelar wisuda ke-101 Universitas Negeri Malang (UM) berlangsung meriah. Wisuda yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut dihadiri oleh Rektor UM, Ketua Senat, segenap anggota senat, ketua ikatan alumni, pejabat struktural, dosen dan tenaga kependidikan, segenap fungsionaris mahasiswa, serta segenap undangan, dan para wisudawan beserta keluarga. Acara dibuka oleh Ketua Senat UM Prof. Dr. H. Suko Wiyono, S. H., M. Hum. dan dilanjutkan dengan laporan kelulusan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed, M.Si. selaku Wakil Rektor I UM, (08/02).

Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd.

Wisuda ke-101 ini diikuti oleh 1.255 orang lulusan, terdiri atas 50 orang program Doktor Kependidikan; 162 orang program Magister Kependidikan; 7 orang program Magister Non Kependidikan; 567 orang program Sarjana Kependidikan; 382 orang program Sarjana Non Kependidikan; 19 orang program Diploma III Non Kependidikan, dan 68 orang program Pendidikan Profesi Guru (PPG).Dengan bertambahnya lulusan melalui Wisuda ke-101 ini, UM telah berhasil meluluskan sebanyak 133.379 orang, terdiri atas 1.825 orang program Doktor; 9.918 orang program Magister; 84.126 orang program Sarjana; 16.999 orang program Diploma III; 1.696 orang program PPG; dan 18.815 orang program Non Gelar.

Dari jumlah lulusan tersebut, 4 (empat) orang berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan. Keempat  Mahasiswa tersebut adalah Rofita A’yunina, A.Md. dengan IPK 3.54 lama studi 6 semester Program Studi Diploma III Tata Busana, Fakultas Teknik yudisium Dengan Pujian. Hasan Argadinata, S.Pd. dengan IPK 3.92 lama studi 7 semester; Program Studi Sarjana Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan; yudisium Dengan Pujian. Fashihah, M.Pd. dengan IPK 3.81 lama studi 3 semester Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yudisium Dengan Pujian. Dr. Tuti Mutia dengan IPK 3.98 lama studi 7 semester Program Studi Doktor   Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial yudisium Dengan Pujian. Sedangkan untuk lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas diraih oleh: Deni Ainur Rokhim, S.Pd. Program Studi S1 Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Seorang wisudawan terbaik program sarjana menggandeng Ibunda tercinta setelah meraih penghargaan dari rektor UM

Dalam pidato Rektor, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. menyampaikan kepada para wisudawan agar segera bersiap untuk menapaki kemandirian dan menjejak kehidupan baru di luar kampus, baik pada ranah keluarga, profesi, masyarakat, maupun negara dan bangsa. Beliau juga menyampaikan bahwa tantangan yang akan dihadapi berbeda dengan yang dihadapi generasi terdahulu, karena sekarang adalah erarevolusi industri 4.0. “Saudara-saudara wisudawan, sebagai bagian dari generasi Z, tidak lagi cukup bergantung pada literasi lama yang hanya mengandalkan baca, tulis dan hitung, namun juga harus mengembangkan literasi baru, seperti: Literasi Data, Literasi Teknologi, dan Literasi Manusia. Ketiga literasi baru ini mutlak harus dikuasai oleh semua lulusan UM” ujarnya.

Pewarta           : Arya Wahyu Pratama-Internship Humas UM

Fotografer       : Tim Dokumentasi-Internship Humas UM