image_pdf

Semarang. Bakti lingkungan Djarum Foundation Candi Darling (Candi Sadar lingkungan). Pesertanya adalah mahasiswa di sekitar Jateng-Diy, namun juga ada perwakilan dari jatim, jabar, bahkan luar jawa. Beberapa mahasiswa UM juga berkesempatan untuk berpartisipasi mengikuti kegiatan ini yaitu 3 peserta. Kemah sekaligus penanaman pohon ini dilaksanakan di Kompleks Percandian Gedongsongo pada Rabu-Kamis (4-5/3). Tujuannya adalah pengabdian Djarum Foundation kepada negeri selain itu juga sebagai kampanye untuk masyarakat khususnya mahasiswa paham dan sadar akan lingkungan. 

Candi Darling di Kompleks Percandian Gedongsongo merupakan kegiatan dari #Siapdarling, sebuah social movement yang diinisiasi oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation. Mahasiswa bergabung menjadi #DarlingSquad serta kolaboraksi bersama dalam penghijauan di Kompleks Percandian Gedongsongo. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain mengikuti Green Camp dengan berbagai rangkaian kegiatan lainnya seperti penanaman pohon, Darling Race, workshop pengolahan sampah, dan diakhiri dengan Focus Group Discussion (FGD).

Natanael Feby salah satu peserta mengungkap alasannya mengikuti Candi Darling di Kompleks Percandian Gedongsongo.

“Acaranya keren bukan penanaman pohon biasa biasa karena disini juga ada kegiatan greencamp dan candi race. Kegiatan Candi Darling ini peserta diajak bermalam di candi yang kali ini di Candi Gedongsongo Jateng. Banyaj kegiatan dari penanaman pohon, diskusi, FGD tentang lingkungan, dan live music. Harapannya kedepannya kegiatan ini bisa di laksanakan lagi karena ini event yang ke 4 Candi Darling. Tempat sebelumnya dari kegiatan ini berada di Candi Prambanan, Candi Pendem Van de Bosch, Ngawi dan Kawah Ijen Banyuwangi,” ujarnya. 

Kegiatan ini diakhiri dengan live music oleh Ahmad Abdul yang mengajak peserta untuk merawat lingkungan dengan baik. Setiap peserta hanyut dalam setiap lagu yang dibawakan oleh salah satu lulusan Indonesia Idol ini.

Pewarta           : Nuri Riskian-Internship Humas UM