image_pdf

Semarang. Informasi-Informasi terkait prestasi-prestasi yang diperoleh mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) terus berdatangan, meski sedang berlibur. Kali ini prestasi datang dari ajang lomba debat. Tim yang terdiri dari Sofia Ari Murti (FS), Laksamana Fadian Zuhad Ramadhan (FS) dan Regin Salsabilah Hidayat (FMIPA) sukses menyabet Juara 1 dan Best Speaker pada ajang Lomba Debat Nasional Pendidikan di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Tema yang diusung pada ajang perlombaan debat ini adalah ”Inovasi Pendidikan guna Menyongsong Terwujudnya SDG’S dalam Revolusi Industri 4.0”

”Perasaan kami sangat bersyukur karena kami harus menghadapi persaingan yang ketat dan latihan yang kami lakukan selama ini tidak sia-sia” ujar Sofia, salah satu perwakilan tim.

Pada pagelaran lomba debat ini diawali dengan pembentukan tim debat, lalu dilanjutkan dengan pembuatan esai sebagai persyaratan administratif. Setelah itu, Sofia dan tim berhasil dinyatakan lolos pada babak 16 besar untuk diundang di Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai finalis.

Dalam lomba ini diikuti universitas-universitas dari seluruh Indonesia, yang terdiri dari Universitas Padjajaran, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Tanjungpura, Universitas Negeri Semarang dan sebagainya.

Dengan hasil yang luar biasa ini patut menjadi kebanggaan sekaligus inspirasi bagi mahasiswa UM lainnya agar semangat berprestasi juga semakin meningkat.

“Meskipun UM sekarang sedang libur, namun pasti ada solusi yang dapat dipecahkan secara bersama dan intisarinya adalah semua tidak ada yang instan. Semua diperlukan banyak latihan untuk memperoleh jam terbang. Semangat kawan-kawan” Pesan Sofia kepada mahasiswa UM lainnya.

Pewarta oleh: Zahid Zufar At Thaariq – Mahasiswa Teknologi Pendidikan Foto oleh: Sofia Ari Murti – Mahasiswa Sastra Inggris