image_pdf

Grand Show Tata Busana Universitas Negeri Malang (UM) merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik UM. Tahun ini acara yang digelar pada Sabtu malam (22/10/2022) di Graha Cakrawala ini mengusung tema “Dominate” yang berarti dominan atau memiliki kekuasaan terbesar. Acara yang luar biasa ini diikuti oleh 94 desainer muda prodi tata busana UM serta 38 profesional model. Hadir pula pada kegiatan yakni Rektor UM,  Dekan FT, Dosen pembimbing acara, para sponsorship, para tamu undangan dan Narova Morina atau yang akrab disapa Momo Geisha sebagai bintang tamu.

Celina Ridha Afandi, Ketua Pelaksana Grandshow ketika melakukan press conference menjelaskan tujuan dan rangkaian acara Grand Show 2022. “Grand Show Tata Busana UM ini merupakan representasi dari mata kuliah Pameran dan Cipta Busana, dimana mata kuliah tersebut merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh dengan cara memamerkan karya-karya busana ready to wear dari desainer muda yang dimiliki UM pada program studi Tata Busana. Selain itu terselenggaranya event ini bertujuan untuk memperkenalkan trend fashion 2023-2024 kepada fashion people,” ujarnya.

“Rangkaian kegiatan Grand Show Tata Busana UM 2022 kali ini diawali dengan kegiatan Photo Icon yang digunakan untuk memperkenalkan kegiatan Grand Show kepada publik dengan menggandeng 3 model profesional. Dilanjutkan dengan kegiatan Model Hunt untuk menyeleksi para model yang akan memperagakan busana karya 94 desainer muda dari mahasiswa Program Studi Tata Busana UM. Kegiatan selanjutnya adalah Final Assessment dan Foto Katalog, dalam kegiatan ini busana ready to wear yang sudah dibuat oleh para desainer dinilai oleh dosen pembimbing yang terlibat dalam acara ini dan terakhir adalah Pameran,” lanjut Celine.

Agus Sunandar, S.Pd., M.Sn., dosen pembimbing Desain dan Events dalam press conference juga menjelaskan tentang tema dan sub tema yang diangkat dalam Grand Show ini. “Dominate sendiri diharapkan dapat menjadikan kita lebih percaya diri, berani berekspresi, dan mendominasi kontrol kehidupan yang sebelumnya mendapat pengaruh besar dari pandemi. Akan ada 8 sub tema yang nantinya akan ditampilkan oleh desainer muda dalam kegiatan Grand Show Tata Busana UM 2022, beberapa subtema tersebut memiliki pengertian dan karakteristik masing masing, diantaranya; Optimistic, memiliki karakter yang optimis namun selalu bersemangat mewarnai hari, dan selalu konsisten dalam berupaya. Dapat dilihat dari pemakaian motif bentuk geometris yang ditonjolkan dengan warna warna yang cerah dan kontras. Logic, menampilkan kesederhanaan melalui sudut pandang yang berbeda, misalnya dengan mengubah siluet busana basic style. Joyful, memiliki karakteristik yang riang dan bebas, kedua karakteristik tersebut ditunjukkan melalui bentuk busana yang loose, serba longgar, dan nyaman dipakai serta menggunakan bahan bahan ringan dengan warna-warna pastel yang menenangkan,” terangnya.

“Rustic, menunjukkan indahnya kesejahteraan hidup ditempat terpencil, menggambarkan kesederhanaan hidup. Transcultural, menunjukkan bahwa perbedaan bukanlah suatu masalah, dimana dalam subtema ini berani mengkombinasikan antara berbagai ragam kultur yang dituangkan dalam suatu desain busana sehingga menjadi satu keselarasan. Inventive, memiliki karakter busana yang praktis dan multi fungsi. Terlihat dari pengembangan blus dan jaket hoodie dengan aneka variasi kantong menjadi pilihan utama. Tech Paradox, memperlihatkan ketidaklaziman suatu desain busana yang sangat jauh dari realita sehari hari, seakan hanya berada didunia maya. New Reality, tidak terjebak dalam dunia maya, membangun realita berdasarkan pengalaman bersama dari dunia augmented reality. Wujud-wujud kreasi dan inovasi yang tadinya ada dalam dunia maya, diterjemahkan dan diwujudkan menjadi busana yang lebih berdaya pakai (wearable),” lanjut Agus Sunandar, S.Pd., M.Sn.

Dari Grandshow tersebut, berikut adalah para desainer yang mendapatkan beberapa penghargaan;

1.    Best of team   

– Optimistic: Ayu Amelia Purwati

– Transcultural: Silviana Nendy

– New Reality: Ni’matul Izzah 

– Rustic: Kennasa Ilma

– Inventive: Adilla Dwi Rulian

– Tech Paradox: Nadia Silvi

– Logic: Aisy Syafi Zhafira

– Joyful: Mirchatus Syifa

2.    Best Team: Rustic

3.    Best Creativity Fabric: Dewi Choiriah              

4.    Best Design: Mutiara Nur Aini       

5.    Best Portofolio: Celina Ridha Afandi

6.    Best Sewing: Rofimia Nur Aini

7.    Best RTW: Sultana Putri

8.    Best Modest Wear: Amanda Lintang

9.    Best Exhibition: Inventive 

10.    Best of the best: Tasha Nur Luansa

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.