image_pdf
Tim Pengelola Laman HMJ Sastra Arab

Malang.  Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi di era milenial ini berkembang begitu cepat. Untuk itu, organisasi kemahasiswaan diharapkan mampu menyikapinya dengan beradaptasi dengan segala hal baru sehingga dapat memudahkan kinerjanya. Oleh karena itu, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Workshop Revitalisasi Laman Bidang Kemahasiswaan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Swiss Bellin pada (28/11) itu, dihadiri oleh Dekan Fakultas Sastra Prof. Dra. Hj. Utami Widiati, M. A., Ph. D. Wakil Dekan III Fakultas Sastra Dr. Yusuf Hanafi, S. Ag, M. Fil I, Kepala UPT Pusat Teknologi Informasi dan Komputer (PTIK) UM Mahmuddin Yunus, S. Kom, M. Cs, Ketua Tim Promosi UM Andreas Syah Pahlevi, S. Sn, M. Sn, para ketua jurusan FS, para Pembina HMJ, dan para pengelola laman di masing-masing organisasi kemahasiswaan.

WD III FS Saat Menyampaikan Sambutan

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pagi hingga petang itu, tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti cek suhu tubuh, menjaga jarak, dan menggunakan masker. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Sastra Prof. Utami mengapresiasi inovasi pembuatan laman di masing-masing organisasi kemahasiswaan ini. “jadi kita memiliki tugas yang berat dalam mempromosikan kampus kita, adanya laman ini adalah salah satu upaya untuk melaksanakan tugas tersebut” ujarnya.

Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala UPT PTIK UM tentang cara pengelolaan dan mengamankan laman dan oleh Tim Promosi UM tentang cara pengisian konten. Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir. Mereka adalah perwakilan dari 7 organisasi kemahasiswaan di FS yaitu Dewan Mahasiswa Fakultas Sastra (DMFS), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FS, HMJ Sastra Arab, HMJ Seni dan Desain, HMJ Sastra Indonesia, HMJ Sastra Jerman, dan HMJ Sastra Inggris.

Para Peserta Workshop

Dalam laporannya, Wakil Dekan III Fakultas Sastra Dr. Yusuf Hanafi menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah tindak lanjut dua agenda sebelumnya, yaitu permohonan lisensi laman kepada pihak PTIK UM yang berafiliasi kepada laman resmi UM yaitu um.ac.id dan penyerahan masing-masing laman bagi organisasi kemahasiswaan di FS UM.

Laman ini, lanjut Dr. Yusuf Hanafi, adalah jawaban atas kebutuhan kita di era modern ini. “saya tahu di masing-masing organisasi kemahasiswaan di FS ini memiliki banyak sekali kegiatan baik di tingkat regional maupun nasional, jadi berita acara itu akan kita olah dengan laman ini yang siapapun bisa mengaksesnya” ujarnya. Selain itu, inovasi ini merupakan yang pertamakalinya dilakukan oleh organisasi kemahasiswaan di UM.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FS Akhmad Fuhaid Zaidan merasakan adanya kemudahan dengan adanya laman ini. “kami ucapkan terimakasih kepada bidang kemahasiswaan FS yang telah memfasilitasi dengan adanya laman ini, sehingga dapat memudahkan kami dalam mensosialisasikan program kerja maupun pengenalan kegiatan-kegiatan di BEM” ungkapnya.

Pewarta           : Arya Wahyu Pratama                        — Internship Humas UM