image_pdf

Malang. Upacara pengibaran bendera Universitas Negeri Malang (UM) dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diselenggarakan di Stadion Cakrawala UM, Kamis pagi (2/5). Peringatan Hardiknas tahun 2019 ini dihadiri oleh seluruh Dosen dan Tenaga Pendidik (Tendik) UM, serta seluruh mahasiswa angkatan 2018. Tema yang diusung pada peringatan Hardiknas kali ini adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”, yang kemudian secara khusus dikembangkan menjadi sub tema “Mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter”.

Sesuai dengan sub tema tersebut, Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. selaku pembina upacara, dalam amanatnya mengungkapkan bahwa tujuan utama UM adalah untuk menyiapkan peserta didik menjadi lulusan yang kompetitif, inovatif, dan berkarakter.

“Tujuan utama UM adalah menyiapkan peserta didik menjadi lulusan yang kompetitif, inovatif, dan berkarakter sehingga mereka siap memasuki dunia kerja dan kehidupan yang sesungguhnya,” ungkapnya.

Dalam konteks tanggung jawab meningkatkan kualitas SDM, Rofi’uddin mengingatkan kepada seluruh civitas UM agar ikut berperan aktif dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.

“Saya ingin mengingatkan seluruh civitas UM untuk ikut berperan aktif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi di UM, yang bermuara pada lahirnya lulusan yang unggul dan berdaya saing global,” tuturnya.

Rofi’uddin juga menuturkan mengenai riset dan publikasi ilmiah sebagaimana yang tertuang dalam konsep tridharma perguruan tinggi, yang merupakan indikator penting yang menunjukkan kualitas perguruan tinggi. Oleh karena itu, perlu untuk terus ditumbuhkan dan dipupuk agar menjadi kesadaran bahwa tugas dosen tidak hanya mengajar, namun juga wajib melakukan riset, publikasi ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat.

“UM berharap, ide-ide baru untuk riset yang berkelanjutan terus bermunculan, yang pada gilirannya menstimulasi perkembangan bidang-bidang keahlian dan kepakaran para dosen,” pungkas Rofi’uddin.

Pewarta : Diana Rahmawati Sutrisno – Internship Humas UM

Pewarta foto : Tim foto/video – Internship Humas UM