image_pdf

Malang- Hari ini,  bulutangkis LPTK CUP XXI Tahun 2023 di UM (Universitas Negeri Malang), telah sampai babak akhir, 4/10/2023 di Platinum Arena. Partai semifinal dan final dipertandingkan untuk kategori Ganda Perorangan Eksekutif A, Ganda Perorangan Eksekutif B dan Ganda Perorangan Prestasi.

Ganda Eksekutif A

Prof. Dr. Kuncoro Diharjo dan Prof. Dr. Sapta Kunta Purnama dari Universitas Sebelas Maret sebagai juara 1 kategori Eksekutif A

Pasangan Prof. Dr. Kuncoro Diharjo dan Prof. Dr. Sapta Kunta Purnama dari Universitas Sebelas Maret sebagai juara 1 kategori Eksekutif A setelah mengalahkan pasangan Dr. Joseph Philip Kambey dan Prof. Dr. Theo Welly Evert Mautang dari Universitas Negeri Manado melalui dua set langsung 21-15 dan 21-13. Sejak awal pertandingan Prof. Dr. Sapta Kunta Purnama yang merupakan Dekan Fakultas Keolahragaan UNS dan Prof. Dr. Kuncoro Diharjo yang merupakan Wakil Rektor III UNS ini mendominasi jalannya pertandingan.

“Secara khusus saya mengapresiasi penyelenggaraan pada LPTK CUP XXI, baik sarana dan prasarana dan perangkat pertandingan yang sangat bagus. Hal dirasakan seluruh pemain saya pikir, apalagi mereka yang sebenarnya bukan pemain bulutangkis. Dengan sarana yang bagus seperti ini akan membangkitkan atmofsir dalam bertanding,” jelasnya.

Prof. Sapta dan Prof. Kuncoro sebenarnya baru pertama ini berpartner. Tetapi karena memang memiliki hobi yang sama bermain bulutangkis, tidak mengalami kesulitan dalam menjalani pertandingan.

“Sejak kecil saya hobi badminton, saat ini juga masih berkecimpung dalam kepengurusan badminton, jadi sepertinya hidup saya tidak jauh dari olahraga badminton,” tambahnya.

Dalam pertandingan sebelumnya di babak semifinal Prof. Sapta dan Prof. Kuncoro berhasil mengalahkan pasangan dari UM, Prof. nandang Mufti dan Syamsul Bachri, Ph.D.

Ganda Eksekutif B

Pasangan Donny Wira Yudha Kusuma dan Dr. Hermawan Pamot Raharjo dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) juara Eksekutif B LPTK CUP XXI

Sementara itu, Untuk Kategori B, Pasangan Donny Wira Yudha Kusuma dan Dr. Hermawan Pamot Raharjo dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) berhasil mengalahkan pasangan UNY Dr. Sigit Nugroho dan Riky Dwihandaka denagn dua set langsung 21-10, 21-13.

Pasangan UNY yang tampil impresif pada babak penyisihan, antiklimaks saat bermain di final. Pasangan UNS nampaknya menerapkan pukulan drive di bibir net sehingga menyulitkan pasangan UNY mengembangkan permainan yang terkenal dengan smash tajam.Selama pertandingan berlangsung pasangan UNNES mengusai jalannya pertandingan.

Ganda Prestasi

pasangan Ganda Prestasi UNY Fadli Ihsan dan Rezha Arzhan Hidayat meraih juara 1 LPTK CUP XXI

Sementara itu kategori prestasi, pasangan Ganda UNY Fadli Ihsan dan Rezha Arzhan Hidayat secara konsisten menjaga perfomanya hingga partai puncak. Di babak final Pasangan muda ini, Fadli Ihsan  (24 tahun) dan Rezha Arzhan Hidayat (28 tahun) berhasi memenagi laga final mangalahkan pasangan UNNES, Donny Wira Yudha Kusuma dan Dr. Agus Raharjo dengan skor 21-11, 21-9.

“Puji syukur alhamdulillah, saya berhasil menuntaskan tugas sebagai peserta LPTK CUP XXI cabor bulutangkis ini dengan baik. Terima kasih juga kepada Rektor UNY dan jajaranya atas kesempatannya kepada kami. Saya merasa bangga dapat meraih hasil sesuai target,” jelas Rezha Arzhan Hidayat.

Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan UNY ini juga menyampaikan performanya dapat terjaga, salah satu faktornya dukungan fasilitas pertandingan yang baik.

“Semua perangkat pertandingannya sangat baik. Sehingga menjaga animo permainan yang baik juga. Semoga tahun mendatang, siapapun penyelenggaranya akan semakin baik,” tambah dosen PJKR FKK UNY ini.

Dengan berakhirnya pertandingan pada hari ini, maka gelaran bulutangkis LPTK CUP XXI tahun 2023 telah usai. Penghargaan para pemenang akan dilakukan pada saat penutupan yang di selenggarakan di Graha Cakrawala UM, Rabu malam, 4/10/2023.

Pewarta : Suhardi – Humas UM